Banjir Bandang Terjang di Kabupaten Simalungun, 25 Kepala Keluarga Dievakuasi

Warga mengungsi terdampak banjir bandang di Simalungun.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Banjir bandang terjadi di Huta Sirungkungon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Rabu kemarin, 20 Desember 2023.

Tertutup Material Longsor, Jalan Alternatif Langkat-Karo Tak Bisa Dilalui

Peristiwa bencana alam ini, sempat membuat warga sekitar cemas, karena air banjir bandang turun sangat deras dari perbukitan. Warga sekitar sempat berhamburan untuk menyelamatkan diri.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Simalungun, Resman Saragih menjelaskan banjir bandang dari pemeriksaan di lapangan, diduga dipicu jebolnya tanggul warga di Nagori Purba Tongah, Kecamatan Purba. Alhasil air membawa material tanah dan batu ke lereng bukit.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

"Iya, akibat dari jebolnya tanggul tersebut mengakibatkan terjadinya banjir bandang di Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol," ucap Resman kepada wartawan, Kamis 21 Desember 2023.

Resman mengungkapkan bencana alam ini, tidak menimpa korban jiwa. Namun, membuat dua rumah warga rusak dan aliran listrik di lokasi bencana alam terputus alias padam.

Nakes di Simalungun Diperkosa 3 Pria di Ruangan Rumah Sakit, Salah Satu Pelaku Mantan Kekasih Korban

"Korban jiwa nihil. Kerugian material yakni arus listrik dan jalan dari Haranggaol menuju Tigaras putus total akibat banjir bandang tersebut, dan dua unit rumah warga atas nama Joel Haloho dan Ramatio Sitio hanyut ke Danau Toba," jelas Resman.

Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Simalungun.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan
Halaman Selanjutnya
img_title