Edy Rahmayadi Akui Milenial Lebih Hebat, Tapi Jiwa Sumpah Pemuda Jangan Bergeser

Gubernur Sumut ke-18, Edy Rahmayadi.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA – Letnan Jenderal TNI (Purn) Edy Rahmayadi mengakui kualitas keilmuan pemuda saat ini khususnya generasi milenial jauh lebih hebat dibanding pemuda masa lalu.

Diduga Cabuli Anak Tetangganya, Seorang Petani di Simalungun Ditangkap Polisi

“Namun harus dicatat sehebat apa pun kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi pemuda kini, nilai kebangsaan sama sekali tidak boleh bergeser,” ujar Gubernur Sumut ke-18 tersebut, Sabtu 28 Oktober 2023.

Hal ini ditanyakan wartawan sehubungan refleksi Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Mantan Pangkostrad TNI ini menegaskan nilai Sumpah Pemuda tidak boleh luntur dalam setiap perjalanan bangsa ini sekarang maupun masa depan.

Longsor Terjang Tapanuli Utara, Balita 4 Tahun Tewas Tertimbun

Edy menyatakan Sumpah Pemuda adalah salah satu cara pandang bangsa Indonesia yang merupakan wawasan nusantara yang menggambarkan perubahan keinginan bersama saat itu yakni konsensus anak bangsa untuk dijalankan oleh negara ini.

“Pada Sumpah Pemuda yang dikumandangkan pada 28 Oktober 1928 belum ada Indonesia ini. Tetapi ini merupakan gambaran keinginan anak bangsa saat itu untuk bersama secara utuh mendirikan suatu negara dalam rangka kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Hutama Karya Segera Operasikan Tol Indrapura - Kisaran, Jarak Tempuh Semakin Dekat

Edy melanjutkan, pada tahun 1928 lahirlah jong-jong, seperti Jong Java, Jong Sumatera, Jong Ambon, dan lainnya, bersatu menyamakan tekad untuk menyejahterakan rakyat.

“Kita sekarang sudah 78 tahun merdeka, ini harus dialakkan. Kita kejar kelambatan dan kekurangan yang diabaikan, baik sengaja maupun tidak,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title