Bawa Geopark Danau Toba Keluar dari Kartu Kuning, Ini Langkah Dilakukan BPODT

Presiden RI Joko Widodo, menikmati alam Danau Toba dari Sipinsur Geosite Desa Parulihan, Kabupaten Humbahas.
Sumber :
  • Fanpage Presiden Jokowi

VIVA Medan - Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) rencana akan mengumpulkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pariwisata se-Danau Toba. Untuk membahas langkah-langkah, untuk Geo Park Danau Toba agar keluar dari kartu kuning dan meraih Green Card.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Rencana rapat bersama dengan pemangku kebijakan Pemerintah Kabupaten se-Danau Toba tersebut, akan dilaksanakan di Kantor BPODT di Desa Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, pada pekan depan, Kamis 19 Oktober 2023.

Hal itu, disampaikan Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT, Nelson Lumban Toruan dalam kegiatan Kunjungan Media dan Diskusi Terpumpun di Kawasan Toba Caldera Resort (TCR), Selasa 10 Oktober 2023. Kegiatan ini, diikuti 40 wartawan tergabung dalam Forum Wartawan Unit Pemprov (FWP) Sumut.

Disbudparekraf Sumut akan Gelar Pameran Budaya dan Wisata di Bandara Soekarno-Hatta

"Kami akan mengundang Bappeda, pariwasata se-Danau Toba, termasuk Bappeda Sumut dan Dinas Pariwisata Sumut, untuk membahas kartu kuning" ucap Nelson.

Dirut BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan (tengah).

Photo :
  • Haris Dasril/VIVA Medan
Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Nelson mengatakan rapat ini, merupakan tugas dari BPODT melakukan kordinasi antar pemangku kebijakan. Dalam rapat nantinya, bersama Badan Pengelola Toba Caldera Unesco Global Geopark (BPTCUGGp) Sumut akan dibahas apa-apa menjadi rekomendasi UNESCO untuk membenahi geopark di Danau Toba.

"Kami tidak tahu, kenapa dapat kartu kuning, sesuai dengan SK Gubernur untuk mengembangkan 16 geosite," jelas Nelson.

Halaman Selanjutnya
img_title