Kunjungi Toba Caldera Resort, FWP Sumut dan BPODT Diskusi Perkembangan Pariwisata Danau Toba

Kunjungan media dan diskusi terpumpun di Kawasan Toba Caldera Resort, Kabupaten Toba.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Toba Caldera Resort (TCR) di Desa Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, tengah terus dikembangkan oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT). Kawasan TCR ini, dikembangkan di lahan tepi Danau Toba seluas 386,72 hektar.

Lantik Pj Bupati Dairi, Pj Gubsu Berpesan Antisipasi Gejolak Politik di Pilkada 2024

Berbagai fasilitas dipersiapkan di lahan The Kaldera Toba Nomadic Escape, seperti Glamour Camping (Glamping), Bobocabin, kafe, points UMKM, points Jokowi hingga wahana bermain anak-anak lainnya.

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Divisi Umum BPODT, Mosanda Tampubolon dalam kegiatan Kunjungan Media dan Diskusi Terpumpun di Kawasan TCR, Selasa 10 Oktober 2023. Kegiatan ini, diikuti 40 wartawan tergabung dalam Forum Wartawan Unit Pemprov (FWP) Sumut.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

"Kawasan TCR ini, dibuka 4 April 2019, dibuka oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya," ucap Mosanda kepada wartawan.

Dalam kegiatan ini, dihadiri juga Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT, Nelson Lumban Toruan, Kepala Divisi Pengembangan Bisnis BPODT, Deti Silaban dan Ketua FWP Sumut, Zulkifli Harahap.

Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029

Mosanda mengungkapkan bahwa di lahan TCR ini, akan dibangun fasilitas lainnya, seperti hotel, parking hub dan wahana wisata dengan melibatkan investor nasional dan asing. Sehingga, kawasan ini dapat berkembang maju seperti Kawasan Wisata Nusa Dua di Bali.

"Disini kami ada beberapa investor ikut serta melakukan pengelolaan bisnis. Disini ada restoran, dengan menyewakan lahan dan bagi hasil. Ada parking hub dan fasilitas lainnya," ucap Mosanda.

Halaman Selanjutnya
img_title