Pertahankan Budaya Asli Indonesia, Usbat Ganjar Gotong Royong Bersihkan Pemakaman

Usbat Ganjar gotong royong bersama remaja masjid dan BKM juga warga bersihkan pemakaman.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Gotong royong salah satu budaya asli masyarakat Indonesia, yang bekerjasama mengerjakan sesuatu. Gotong royong inilah yang dipertahankan sukarelawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumatera Utara (Sumut) bersama di area pemakaman.

Rampas Motor Warga, Polisi Tangkap Kawanan Geng Motor Brutal di Deliserdang

Gotong royong ini dilakukan bersama Remaja Masjid dan Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Hakim, beserta warga Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Sumut, Selasa 19 September 2023.

“Kami adakan kegiatan ini untuk meningkatkan kembali budaya gotong royong dan kebersamaan antara masyarakat,” kata Koordinator Daerah (Korda) Usbat Ganjar Kabupaten Deliserdang, Ahmad Thalhah.

Viral! Aksi Pencurian Pipa Besi Jembatan di Siang Bolong, Polisi Ringkus Pelaku

Menurut Ahmad, saat ini gotong royong masyarakat tengah meredup seiring dengan perkembangan zaman. Sehingga budaya Indonesia yang sudah eksis sejak lama itu mesti digaungkan lagi.

“Kami harapkan masyarakat ada di Desa Kolam ini bisa bersinergi bersama untuk sama-sama meningkatkan budaya gotong royong yang mana budaya gotong royong ini hampir punah karena masyarakat sekarang masing-masing,” imbuhnya.

Tabrakan Maut Mobil Kontra Truk di Tol Medan - Tebing Tinggi, 1 Orang Tewas

Dalam kegiatan tersebut, sukarelawan Usbat Ganjar Sumut gotong royong membersihkan area pemakaman bersama Remaja Masjid dan Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Hakim, beserta puluhan warga Desa Kolam.

Mereka bekerja sama membersihkan area itu dengan antusiasme tinggi. Ada yang memotong rumput, mencabut tanaman liar, mencangkul rerumputan, hingga memungut sampah yang berserakan.

Halaman Selanjutnya
img_title