KNGI Tinjuan Kawasan Geosite Kaldera Toba, Jelang Revalidasi oleh UGGp

Komite Nasional Geopark Indonesia tinjau kawasan Geosite Kaldera Toba.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) tinjau beberapa Geosite yang ada di Geopark Kaldera Toba, di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut). Kunjungan ini, jelang Revalidasi terhadap Geopark tersebut. 

Jalan Alternatif Langkat-Karo Longsor, Sisakan 1 Meter yang Bisa Dilalui Pengendara

KNPI merupakan perwakilan dari Asia Pasifik Geopark Network untuk Indonesia melakukan kunjungan Pra Revalidasi ke beberapa Geosite di Danau Toba dalam pre assessment ini dilakukan pada tanggal 11 hingga 14 Juli 2023.

Adapun Tim Pra Revalidasi ini yang datang adalah Yunus Kusumahbrata, Ph.D dan Akhyarrudin Yusuf dari Dewan Pakar KNGI. Sedangkan, kunjungan Revilidasi oleh Asesor UNESCO. Rencananya Revalidasi Geopark Kaldera Toba akan berlangsung pada pada 31 Juli hingga 5 Agustus 2023.

Muluskan Langkah Menuju Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke NasDem

Menurut Yunus Kusumahbrata, Ph.D, kunjungan ke Kawasan Geopark Kaldera Toba untuk evaluasi terhadap usulan rute perjalanan yang akan disampaikan kepada Asesor yang berasal dari UNESCO Global Geopark (UGG).

"Proses revalidasi nanti akan dihadiri oleh Chairman Asia Pasifik Geopark Network (APGN) Prof Jin Xiaochi dari Cina dan Dr. Soo Jae Lee, Ketua Jejaring/Chairman Geopark Korea Selatan," ucapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu 15 Juli 2023.

Mobil Terseret Arus Sungai Lau Kemiri di Karo, Satu Orang Ditemukan Tewas

Yunus menjelaskan, kedatangan mereka untuk melihat perkembangan dari Unesco Global Geopark Kaldera Toba setelah ditetapkan pertama kali sebagai Unesco Global Geopark pada tahun 2020. Sekarang TC UGG sudah menyusun rute perjalanan untuk melihat perkembangan dan Komite Nasional Geopark Indonesia melakukan evaluasi dan verifikasi rute perjalanan yang sudah disusun oleh TC UGG.

Dalam melakukan verifikasi ini beberapa Geo point yang terletak dibeberapa kabupaten dikunjungi untuk melihat rute mana yang dinilai paling menarik dan memungkinkan untuk dikunjungi dengan waktu assessment yang terbatas.

Halaman Selanjutnya
img_title