Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Walkot Tanjungbalai Pimpin Bersihkan Sampah Sungai Asahan

Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib pimpin aksi bersih sampah Sungai Asahan.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, aksi bersih sampah digelar di muara Sungai Asahan, Selasa 6 Juni 2023. Aksi ini dipimpin Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib bersama para pecinta lingkungan.

Operasi Serentak 'Jagratara', Kantor Imigrasi TBA Tingkatkan Pengawasan

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 ini, mengusung tema 'Beat Plastic Pollution'. Yakni, seruan untuk bertindak guna menangani sampah plastik dan mencari solusi terkait polusi plastik.

"Sampah plastik merupakan persoalan yang ditemui di hulu sungai, kami yang tinggal di muara sungai menerima dampaknya," ujar Waris Tholib.

Usai Upacara HBP ke-60, Lapas Siborongborong 'Digruduk' Personel Polsek Siborongborong

Dikatakan Waris, Sungai Silau dan Sungai Asahan merupakan sungai besar yang membentang dari ujung selatan Kabupaten Asahan, bermuara di Kota Tanjungbalai untuk selanjutnya mengalir ke Selat Malaka. Sampah plastik yang terbawa dari hulu di kedua sungai ini bermuara dan bertemu di hamparan sungai yang menjadi gerbang Kota Tanjungbalai.

Waris mengungkapkan, sampah plastik menjadi permasalahan serius yang harus segera diatasi. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan momen dan trigger (pemicu) kepada semua pihak untuk berkolaborasi menjaga lingkungan terutama kebersihan sungai.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

"Semoga kegiatan ini menjadi trigger bagi semua pihak untuk bersama-sama menjaga sungai, termasuk masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan," tuturnya.

Katanya, sebagai salah satu gerbang Sumatera Utara, Kota Tanjungbalai harus berbenah dan memperindah kota agar tampak selalu bersih.

Halaman Selanjutnya
img_title