Jelang Idul Adha, Tuan Guru Sahabat Ganjar Latih Warga Penyembelihan Hewan Kurban

Tuan Guru Sahabat Ganjar latih warga tata cara penyembelihan hewan kurban.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Hari Raya Idul Adha yang segera tiba, sekaligus akan dilakukannya pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Menyambut itu, relawan Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar kembali menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban kepada ratusan warga.

LKPD 2023, Pemprov Sumut Target Raih WTP ke-10 Berturut-turut

Pelatihan penyembelihan hewan kurban ini digelar di Desa Lama, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Kamis 25 Mei 2023. Dalam pelaksaan tersebut, relawan menggandeng penyembelih kurban profesional untuk memberikan pelatihan kepada warga.

Koordinator Wilayah TGS Ganjar Sumut, Zulfi Andika mengatakan pelatihan ini digelar untuk menyambut hari raya Idul Adha yang akan datang dalam waktu dekat.

Operasi Keselamatan 2024, Polda Sumut Tindak 24 Ribu Lebih Kendaraan

"Kami memberikan pengarahan sekaligus praktik bagaimana menyembelih hewan kurban. Metodenya, etika, dan tata cara menyembelih kurban sesuai dengan syariat Islam," kata Zulfi.

Dalam pelatihan ini disampaikan juga berbagai hal berkaitan dengan ibadah kurban. Mulai dari bagaimana cara memilih hewan kurban, persyaratan dan perlakuan terhadap hewan kurban, cara penyembelihan kurban, hingga penanganan distribusi daging kurban.

Bawaslu Ajak Masyarakat Berpartisipasi dalam Pengawasan Bersama di Pilkada 2024

"Ilmu penyembelihan hewan kurban ini kan adalah ilmu khusus yang mana tidak semua orang mampu melakukannya. Jadi, dengan pelatihan ini kami berikhtiar agar masyarakat di sini mampu melakukan penyembelihan hewan kurban," jelasnya.

Pelatihan ini juga bertujuan untuk mendorong lahirnya regenerasi penyembelih hewan kurban. Sehingga nantinya akan lahir para penyembelih hewan kurban baru yang menguasai bidang tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title