Gempa Magnitudo 7,3 di Mentawai dirasakan di Nisel : Ya Panik, Guncangan Lebih Kuat

Gempa magnitudo 7.3 Kepulauan Mentawai 25 April 2023.
Sumber :
  • BMKG

VIVA Medan - Gempa magnitudo 7,3 mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada Selasa dini hari, 25 April 2023. Guncangan gempa sangat kuat, dibandingkan gempa bumi terjadi di Kota Padangsidimpuan, beberapa waktu lalu.

Imbas Kematian Siswanya Diduga Dianiaya, Kepsek SMKN 1 Nias Selatan Dibebastugaskan

"Gempanya terasa banget, informasi saya dapat (guncangan) lebih kuat, ketimbang kejadian di Sidempuan kemarin," ucap Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Nias Selatan, Epaproditus Dachi saat dikonfirmasi VIVA MEDAN, Selasa pagi, 25 April 2023.

Epaproditus mengungkapkan kondisi tersebut, sempat warga panik dengan menyelamatkan diri dari rumah masing-masing, ditambah informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ada potensi tsunami.

Siswa SMKN 1 Nias Selatan Tewas Diduga Dianiaya Kepala Sekolah, Ini Kata Disdik Sumut

"Ya paniknya, ada sistem peringatan tsunami. Itu beredar dari BMKG," sebut Epaproditus.

Epaproditus mengaku saat ini, belum ada laporan dari masyarakat dan pihak terkait, menyampaikan informasi bahwa rumah warga mengalami kerusakan akibat, bencana alam tersebut.

Polisi Usut Kematian Siswa SMKN 1 Nias Selatan, Diduga Tewas Dianiaya Kepala Sekolahnya

"Sampai saat belum ada laporan kerusakan rumah warga. Tapi, tetap kami cek ke lokasi menggali informasi. Dampaknya, belum ada," jelas Epaproditus.

Epaproditus mengatakan untuk pemantauan permukaan laut dalam keadaan normal. Namun, ia mengatakan pihaknya tetap melakukan monitoring segala perkembangan dan informasi beredar kedepannya. Berdasarkan data dari BMKG, yang sempat berpotensi tsunami dan guncang dirasakan hingga ke Pulau Tanabala, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Halaman Selanjutnya
img_title