Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 22 April, Gubernur Sumut : Tak Perlu Kita Jadikan Perbedaan

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama, resmi menetapkan 1 syawal atau Idul Fitri 1444 hijriah jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. Namun ada masyarakat yang akan merayakan Idul Fitri pada Jumat, 21 April 2023.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Mencuri Kentang Padahal Cuma Pegang, Begini Kronologinya

Atas hal itu, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meminta masyarakat menyikapi perbedaan dengan toleransi. Menurut Edy, perbedaan dalam menentukan hari raya Idul Fitri telah lama terjadi dan bukanlah hal yang baru bagi Umat Islam.

"Perbedaan ini bukan lah hal yang baru bagi kita, khususnya di Sumatera Utara. Sudah sejak lama perbedaan itu kita sikapi dengan biasa saja. Bahwa berbeda penentuan 1 Ramadan maupun 1 Syawal, karena berbeda metode penetapannya," kata Gubernur di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Kota Medan, Kamis 20 April 2023.

Giliran Demokrat, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran Cagub Sumut 2024

Mantan Pangkostrad itu, meminta perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri tidak perlu dijadikan sumber perdebatan. Selama ini perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri juga disikapi dengan toleransi.

"Intinya, tak perlu kita menjadikan perbedaan ini tidak sebagai Polemik atau sumber perdebatan. Sebab hal ini adalah situasi yang telah lama kita terima dan maklumi, toleransi dan saling menghargai," ujarnya.

Jalan Tengah Kepemimpinan Inklusif, Tokoh Muda Sumut Desak Ijeck Maju di Pilgub Sumut 2024

Selain itu, Edy meminta pada seluruh rakyat Sumut yang merayakan Idul Fitri untuk terus menjaga persaudaraan sesama Umat Islam.

"Mari rayakan kemenangan, saling bermaafan dalam bingkai persaudaraan, Islam yang Rahmatan Lil Alamin," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title