Intip Pelaksanaan Salat Idul Fitri Tarekat Naqsabandiyah di Deliserdang

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah laksanakan Salat Ied.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara melaksanakan salat Idul Fitri, 1 Syawal 1444 Hijriah di Pondok Pesantren Darusshofa, Marindal, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Kamis pagi, 20 April 2023, pukul 07.30 WIB.

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB: Kalau Disuruh Daftar, Kita Daftar

Para jamaah dari berbagai daerah di Medan dan Deli Serdang, berduyun-duyun mendatangi lokasi digelar salat Idul Fitri itu. Dalam ibadah salat itu, sebagai imam adalah dan khotib Tuan Nur Zikri. Untuk diketahui, ada 300-an jamaah hari ini yang mengikuti salat berjamaah di Marindal.

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah laksanakan Salat Ied.

Photo :
  • BS Putra/MEDAN VIVA
Selama Angkutan Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Angkut 102.502 Penumpang

Selain di Marindal, salat Ied juga digelar di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun, Sumut. Perayaan Idul Fitri ini, jamaah Naqsabandiyah melaksanakan lebih awal dari ketetapan pemerintah. Karena mereka punya metode penghitungan tersendiri.

“Dalam menentukan satu syawal dan satu Ramadan ditentukan dengan hisab qamariyah. Ini dilakukan di Bandartinggi, Simalungun,” sebut salah seorang jamaah, Syekh Muda Markum kepada wartawan.

Pasca Libur Lebaran, Pemohon SIM di Satlantas Polresta Deli Serdang Meningkat

Markum menjelaskan penetapan 1 Ramadan hingga 1 Syawal 1444 Hijiriah ini, berdasarkan penghitungan hisab qamariyah dilakukan oleh dewan mursidin dan dewan fatwa.

"Hisab di laksanakan oleh majelis fatwa dan Dewan Mursyidin yang di pimpin oleh Tuan Guru langsung Buya, DR Syekh Muhammad Nur Ali S.Ag M. Hum," kata Markum.

Halaman Selanjutnya
img_title