Kejutan Nella Agustin di PON 2024, Dorong PASI Jadikan Sumut Pelatnas Atletik Wilayah Barat

Atlet atletik Sumut, Nella Agustin.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Prestasi yang tak terduga dipersembahkan Nella Agustin, atlet atletik Sumatera Utara (Sumut) di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024, menjadikan provinsi ini dinilai layak sebagai markas Pelatnas Atletik Wilayah Barat.

PBSI Tak Izinkan Atlet Pelatnas Tampil di PON 2024, Menpora: Sudah Tepat

Hal ini diungkapkan Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis dalam keterangannya usai Nella Agustin menyumbangkan 3 medali emas bagi kontingen Sumut pada perlombaan yang digelar di Stadion Madya Atletik di kawasan Sport Center Sumut. John Ismadi berjanji akan menagih janji Ketua Umum PB PASI Luhut Binsar Panjaitan yang akan menjadikan Stadion Madya Atletik Sumut sebagai markas Pelatnas Wilayah Barat.

PON 2024, wanita yang akrab disapa Nella itu juga mempertajam rekor nasional. "Kalau Timika menjadi tempat Pelatnas Wilayah Timur dan Pengalengan untuk Wilayah Trngah, maka saya akan tagih janji Pak Luhut menjadikan Stadion Madya Atletik Sumut menjadi pusat Pelatnas Wilayah Barat," kata John Ismadi Lubis kepada wartawan di Media Centre PON XXI/2024 Aceh-Sumut, Rabu 18 September 2024.

Closing Ceremony PON 2024 di Sumut, Menpora: Menko PMK yang Hadir

Nella membuat kejutan dan layak dinobatkan sebagai Ratu Atletik Nasional pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut. Tidak hanya secara mengejutkan menyumbangkan 3 medali emas bagi Kontingen Sumut, tetapi gadis lulusan Madrasah ini menjadi bintang dengan mempertajam 1 Rekor Nasional (Rekornas) dan 2 Rekornas.

Pelari Sumut, Nella Agustin, raih emas Atletik nomor 400 m gawang putri di PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Photo :
  • Dok PB PON 2024 Wilayah Sumut
Bawaslu Launching Pemetaan Kerawanan Pilkada 2024 di Provinsi Sumut

Pada Lari 200 M, Nella mempertajam rekor dengan mencatat waktu 23,61 detik. Rekornas lama miliknya dengan catatan waktu 23,63 detik. Lalu, Nella mengulangnya pada nomor Lari Gawang 400 M Putri. Dia mengukir rekornas dengan mencatat waktu 58,03 detik menggeser rekornas lama milik Viera Hetari dari Maluku dengan catatan waktu 59,64 detik.

Terakhir, Nella menjadi roket pendorong bagi kontingen PASI Sumut yang sukses memecahkan Rekornas Estafet 4x400 M Putri dengan catatan waktu 3.28,45 detik. Rekor lama milik Jatim dengan catatan waktu 3,31,71 detik. Peran Nella ini sekaligus mengantarkan Sumut melebih target dengan merebut 6 medali emas dari pesta olahraga akbar nasional empat tahunan. Melampaui hasil PON XX/2020 Papua dimana hanya menghasilkan 3 medali emas.

Halaman Selanjutnya
img_title