Sejak 1986 Jadi Tuan Rumah, Ijeck: Sumut Icon Rally di Indonesia

Ketua Dewan Pembina IMI Sumut Musa Rajekshah.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Sumatera Utara Sumut menjadi icon kejuaraan rally di Indonesia, karena sejak 1986 telah menjadi tuan rumah dalam kejuaraan rally, yang saat itu bernama Trans Sumatera Rally.

Kembali Pimpin PMI Kota Medan Periode 2024-2029, Ini Kata Musa Rajekshah

Hal itu, diungkapkan oleh Ketua Dewan Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara, Musa Rajekshah saat pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sumut Rally 2024, berlangsung di kawasan perkebunan Rambong Sialang Estate, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), pada 8-9 Juni 2024.

“Kejuaraan rally di Indonesia memang Sumatera Utara ini menjadi iconnya rally, dimulai dari Trans Sumatera Rally tahun 1986 waktu itu Sumatera Utara tuan rumahnya. Saya waktu itu masih SD, pulang sekolah sempat mandangi mobil-mobilnya parkir di Hotel Danau Toba, dalam hati kapan bisa jadi pembalap kayak gitu,” kata Ijeck.

Kalangan Konstruksi Kecewa Ijeck Tidak Dipilih Golkar Maju di Pilgub Sumut 2024

Mantan Wakil Gubernur Sumut itu, mengatakan setelah itu, kejuaraan rally di Sumut terus bergulir hingga puncaknya 1996 menjadi tuan rumah World Rally Championship (WRC).

“WRC saat itu Rambong Sialang ini jadi salah satu stage yang dilalui. Saat ini kami menginginkan WRC bisa kembali lagi ke Indonesia. InshaAllah sudah ada kesepakatan dari FIA bersama Ketua Umum IMI Bapak Bamsoet, mudah-mudahan WRC akan terlaksana di 2026,” ujarnya.

Dapat Dukungan Golkar di Pilgub Sumut, Bobby Nasution Menilai Ijeck Legowo

Pereli Sumut Musa Rajekshah

Photo :
  • Dok Ijeck

Sementara itu, Agustus 2024 juga akan ada Kejurnas Putaran II yang dibarengi dengan APRC putaran keempat. “Tapi pelaksanaan rally ini perlu banyak bantuan dari berbagai pihak, khususnya dari segi keamanan karena antusias masyarakat sangat besar, mereka tak sadar tempat menonton itu jadi tempat yang rawan,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title