Kepengurusan Segera Berakhir, Percasi Sumut Belum Siapkan Pecaturnya Persiapan PON 2024

Percasi Sumut belum siapkan atlet catur hadapi PON 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Catur Sumatera Utara (Sumut) belum melakukan pemusatan latihan daerah (Pelatda) terhadap atlet untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Hal ini berbeda dengan cabor lainnya yang tengah persiapkan atlet dan program trial atau kejuaraan.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Hal ini diakui Wakil Sekretaris Percasi Sumut Erhan Tarmizi, yang menyebutkan, hal ini karena kepengurusan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumut berakhir masa bakti pada November 2023.

"Sampai sekarang memang belum ada atlet catur kita yang masuk Pelatda persiapan PON. Itulah kondisi catur Sumut pada saat ini. Jadi belum banyak yang bisa kami sampaikan," kata Erhan Tarmizi di Posko Publikasi PON XXI/2024 Wilayah Sumut di Kantor Dispora Sumut, Rabu 30 Agustus 2023.

HUT ke-76 Provinsi Sumut, Pj Gubernur: Jadi Ajang Evaluasi dan Introspeksi

Berakhirnya kepengurusan tersebut, maka dilaksanakan Musprov Percasi Sumut untuk memiliki ketua dan kepengurusan yang baru. Nantinya setelah terpilih dan terbentuk kepengurusan baru, baru akan dilaksanakan seleksi untuk mencari atlet yang akan masuk Pelatda persiapan menghadapi PON XXI/2024.

"Kita berharap PON nanti berjalan dengan baik. Nanti kita harapkan percasi Sumut dapat ketua baru yang benar-benar punya tekada dan keinginan membangun catur Sumatera Utara. Ya kalau sekarang tidak banyak yang bisa kami sampaikan terkait persiapan menghadapi PON," katanya.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Sementara ditanya apa sebaiknya diserahkan kepada KONI Sumut untuk melakukan seleksi terhadap atlet yang akan masuk Pelatda, mengingat waktu yang sudah semakin dekat. Menurutnya, hal itu tentunya tidak dapat sepenuhnya bisa dilaksanakan.

"Tidak bisa diserahkan ke KONI karena itu kewenangan dan tangungjawa dari Percasi, maka Percasi lah yang harus melaksanakannya. tapi karena sekarang ketua yang tidak aktif jadi ya seperti ini lah kondisinya. Jadi nanti kepada Ketua Percasi yang terpilih, tugas pertama adalah melakukan seleksi atlet PON," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title