Sumut Genjot Persiapan Fisik dan Nonfisik PON 2024, Ditaksir Anggaran Rp4,1 Triliun

Menpora RI Dito Ariotedjo
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Persiapan Sumatra Utara menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, sudah mencapai 36 persen secara fisik. Sedangkan, nonfisik persiapan sudah diangka 58 persen.

Muluskan Langkah Menuju Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke NasDem

Hal itu, diungkapkan oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat Rapat Kordinasi (Rakor) Persiapan PON 2024 Wilayah Sumut, berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin, di Jalan Jendral Sudirman, Kota Medan, Jumat malam, 4 Agustus 2023.

Melalui rapat koordinasi ini, mantan Ketua Umum PSSI, berharap pemerintah pusat bisa membantu anggaran persiapan PON melalui APBN.

Disambut Cak Imin, Edy Rahmayadi Hadiri Undangan Bacakada PKB di Jakarta

"Ada kalau kita secara fisik ini memang baru 33 sampai 36 persen. Kalau non fisik sudah 58 persen kurang lebih. Ada yang plus dan minus," ucap Gubernur Edy.

Dalam rakor tersebut, juga dihadiri perwakilan dari kementerian PUPR dan Menko PMK. Dalam pemaparan total biaya penyelenggaraan PON tahun 2024 ditaksir mencapai Rp 4,1 triliun. 

PSAWI Sumut Target 3 Emas PON 2024, Sempat Kesulitan Cari Atlet hingga Disangka Penculik

Sementara untuk anggaran yang ditampung dari dana APBD provinsi Sumut sejak tahun 2019 hingga 2024 bekisar Rp 1,2 triliun lebih dan dana sponsorship Rp 266 miliar. Sehingga, Pemerintah provinsi Sumut masih membutuhkan anggaran sekitar Rp 2,6 triliun lebih, yang diharapkan bisa didorong melalui Pemerintah Pusat menggunakan APBN.

Launching logo, maskot dan tagline PON 2024.

Photo :
  • Pemprov Sumut
Halaman Selanjutnya
img_title