Tes Fisik Tahap II Berakhir, KONI Sumut Siapkan 1.200 Lebih Atlet PON 2024

Tes fisik atlet Pelatda PON Sumut.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Atlet yang menjalani program Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Pekan Olahraga Nasional (Pelatda PON) XXI/2024 jalani tes fisik yang digelar Komite Olahraga Nasional (KONI) Sumatera Utara (Sumut). Hasil tes fisik ini salah satu menentukan atlet yang akan memperkuat Sumut di PON 2024 mendatang.

Jalan Alternatif Langkat-Karo Longsor, Sisakan 1 Meter yang Bisa Dilalui Pengendara

“Alhamdulillah, hari ini kita menyelesaikan tes fisik Tahap II yang dimulai sejak Jumat 9 Juni 2023 lalu. Dari tes ini nantinya, akan ditentukan atlet-atlet yang nantinya berhak mengikuti Pelatda persiapan menghadapi PON XXI/2024,” ujar Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis di sela-sela pelaksanaan tes fisik di Stadion Unimed, dalam keterangannya Minggu 11 Juni 2023.

John didampingi Wakil Ketua I Agung Sunarno, Wakil Ketua II Sakiruddin lebih lanjut mengingatkan, dalam penentuan atlet Pelatda, pihaknya tidak berdiri atau menentukan sendiri. Tetapi tetap berkoordinasi dengan induk organisasi olahraga.

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut : Kita Senang Jadi Tuan Rumah

“Dalam sepekan ke depan, Binpres maupun Litbang KONI Sumut akan bekerja mendata hasil tes fisik ini, guna melihat sejauh mana perkembangan fisik si atlet” ujarnya.

Data ini, tambah John sangat penting. Sebab, Pelatda ke depan tidak laga persiapan umum, tetapi persiapan khusus.

Percasi Sumut Siapkan 5 Pecatur Putri Tampil di PON 2024

“Kalau hasil tes, ada atlet yang kondisi fisiknya tidak ada peningkatan dibanding sebelumnya, dikhawatirkan ia juga akan kesulitan menjalani  kelanjutan Pelatda. Bagitupun KONI nantinya akan berkoordinasi atau konsultasi dengan Pengprov olahraganya, apakah harus dilakukan promosi-degradasi,” ujar John.

Namun John membenarkan, hasil tes fisik ini memang sangat menentukan terpilih tidaknya lagi atlet dalam Pelatda, yang SK Terbarunya nanti diharapkan sudah dikeluarkan Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title