Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029

Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Medan - Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka ditetapkan sebagai Presiden RI dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Penetapan ini resmi diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dua hari setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Pilkada Langkat, Rizky Yunanda Sitepu Daftarkan Diri ke Tujuh Parpol

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari yang langsung mengumumkan penetapan pasangan nomor urut 02 di Pilpres 2024 itu sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih. Penetapan KPU dilakukan melalui rapat pleno yang digelar terbuka.

"Menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Bapak Haji Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,6% dari total suara sah nasional sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024-2029," kata Hasyim di Gedung KPU, Jakarta, Rabu, 24 April 2024.

Pj Gubernur Sumut Kampanyekan Pilkada 2024 Aman, Damai dan Sejuk

Penetapan KPU itu dilakukan setelah dua hari putusan MK yang menolak seluruh dalil permohonan gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 yang diajukan pasangan 01 Anies Baswedan -Muhaimin Iskandar (AMIN) dan pasangan 03 Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

KPU juga mengundang dua pasangan rival yaitu AMIN dan Ganjar-Mahfud untuk hadir dalam penetapan Prabowo-Gibran. Dari pantauan VIVA, pasangan AMIN kompak hadir di KPU. Adapun sejumlah petinggi partai politik pengusung Prabowo-Gibran sudah hadir di KPU untuk menyaksikan langsung penetapan.

Kasus Suap Bupati Labuhanbatu, KPK Sita Pabrik Sawit dan Bangunan Diduga Kantor NasDem Milik Erik

Capres Pilpres 2024, Ganjar Pranowo-Prabowo Subianto-Anies Baswedan.

Photo :
  • Fanpage Prabowo Subianto

Selain itu, tampak beberapa pimpinan lembaga tinggi negara serta menteri menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Mendagri Tito Karnavian, hingga Menkominfo Budi Arie Setiadi hadir di KPU. Usai penetapan, Prabowo dan Gibran dijadwalkan akan menyampaikan pidato sambutan.

Halaman Selanjutnya
img_title