Pesan Ketua DKPP di Pemilu 2024 : Jaga Marwah Lembaga Penyelenggara Pemilu

Ketua DKPP RI, Heddy Yugito.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI dorong penyelenggara pemilu untuk menjujung tinggi pedoman etika. Dengan tujuan menciptakan Pemilu yang berkualitas dan baik.

Caleg Berasal dari 11 Kabupaten/Kota Ajukan PHPU ke MK, Ini Kata KPU Sumut

Hal itu, diungkapkan oleh Ketua DKPP RI, Heddy Lugito dalam jumpa pers disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) penyelenggara pemilu di Wilayah I, di Le Polonia Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Kamis 30 November 2023.

"Etik harus dipedomani dan harus ditaati, tidak boleh, tidak. Etik itu, harus dijalankan. Melanggar etik, belum tentu melanggar hukum. Tapi, melanggar hukum pasti melanggar etik," ucap Heddy.

Usai Upacara HBP ke-60, Lapas Siborongborong 'Digruduk' Personel Polsek Siborongborong

Bawaslu Sumut gelar Apel Siaga pengawasan Pemilu 2024 Sumatera Utara.

Photo :
  • Haris Dasril/VIVA Medan

Heddy mengungkapkan bahwa tugas utama DKPP RI, menjaga marwah lembaga penyelenggara pemilu ini. Agar mereka tetap pada kredibilitas ditingkat tertinggi.

Maju Jadi Kandidat Cawagub Sumut 2024, Ketua DPP Pujakesuma Daftar ke Golkar

"DKPP tidak mentolerir sedikit, pelanggaran etik, bila itu dilaporkan, pasti bertindak. Tidak membiarkan penyelengara pemilu itu, difitnah dengan hal-hal yang macam. Makanya, keputusan DKPP itu bermacam-macam, tapi juga rehabilitasi bila pengaduan itu, tidak terbukti," ucap Heddy.

Rakor ini melibatkan unsur KPU dan Bawaslu di Wilayah I meliputi, Aceh, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Riau Kepulauan, Riau Daratan, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu.

Halaman Selanjutnya
img_title