Apresiasi Edy Rahmayadi Saat Resmikan SPAM Mebidang, Jokowi: Kerjasama Baik

Presiden RI, Jokowi meresmikan SPAM Mebidang di Kota Binjai.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Kerja sama yang apik antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berjalan dengan baik. Hasilnya, Jumat 25 Agustus 2023, sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Regional Medan, Binjai dan Deliesrdang (Mebidang) diresmikan langsung Presiden RI, Joko Widodo.

Baru Edy Rahmayadi dan Barry Simorangkir yang Mendaftar ke PKS untuk Maju Pilgub Sumut 2024

SPAM Mebidang yang berkapasitas 1100 liter per detik itu, diharapkan mengentaskan permasalahan air bersih di Kota Medan, Binjai Serta Deli Serdang. Kedepan, dengan beroperasinya SPAM Mebidang, mampu memenuhi kebutuhan 88.000 rumah tangga atau sekitar 440.000 jiwa.

"Ini sinergi pusat dan pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan air. Pemprov Sumut menyediakan lahan dan akan menyalurkannya ke masyarakat," kata Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi usai peresmian SPAM Regional Mebidang, Jalan Sibayak, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Jumat 25 Agustus 2023.

Potensi Besar Diusung PDIP di Pilgub Sumut, Edy Rahmayadi : Sudah Ada Sinyal Positif

Dijelaskan Edy, kebutuhan air bersih untuk Mebidang sekitar 11.000 liter/detik. Selama ini baru terpenuhi sekitar 7.440 liter/detik. Dengan diresmikannya SPAM baru di Binjai tersebut, maka kebutuhan air yang sudah terpenuhi menjadi 8.540 liter/detik. Defisit air bersih pun semakin berkurang, menjadi sekitar 2.460 liter/detik.

"Dengan diresmikannya SPAM baru di Binjai ini, kita harapkan dapat menambah pasokan air bersih ke masyarakat, khususnya Mebidang. Karena, air bersih merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi,” papar Edy Rahmayadi.

Maju di Pilgub Sumut 2024, Ketum Pujakesuma Mendaftar Diri ke PKB Sumut

Presiden RI, Jokowi melihat ruang operator SPAM Mebidang di Kota Binjai.

Photo :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan, betapa pentingnya air bersih di masyarakat. Oleh karena itu pemerintah terus berupaya memenuhi kebutuhan tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title