Polda Sumut Kirim Surat Pemberitahuan Penyidikan TPPU AKBP Achiruddin ke PPATK

AKBP Achiruddin digiring ke Gedung Ditreskrimum untuk diperiksa.
AKBP Achiruddin digiring ke Gedung Ditreskrimum untuk diperiksa.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA - Kasus dugaan gratifikasi dan tidak pidana pencucian uang (TPPU) diduga dilakukan AKBP Achiruddin Hasibuan, sudah naik status penyelidikan ke penyidikan. Dengan itu, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut mengirim surat ke Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Hal itu, disampaikan oleh Kepala Bidang Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi saat dikonfirmasi VIVA melalui tetelep seluler, Senin 1 Mei 2023. Ia mengatakan surat tersebut, dikirim pada Jumat 28 April 2023. Surat itu, berupa kordinasi antara Polda Sumut dengan PPATK untuk menelusuri kekayaan yang dimiliki mantan Kabag Binops Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut itu.

"Sudah itu hari Jumat lalu, yang saya ketahui dikirim penyidik Krimsus ke PPATK, tentang Pemberitahuan Penanganan kasus TPPU dengan TPA undang-undang Korupsi," jelas Hadi.

Dalam penyidikan kasus dugaan korupsi gratifikasi dan TPPU, akan disangkakan Pasal 5 ayat (1) Pasal 5 ayat (2), Pasal 12 dan Pasal 11 Undang-Undang nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagai telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dan Pasal 3,4,5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang pencegahan pemberantas tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Jadi surat yang dikirim ke PPATK sebagai bentuk pemberitahuan dan koordinasi yang dilakukan Polda Sumut dalam menyidik dugaan TPPU yang dilakukan AH," ucap Hadi.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Photo :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

Diberitakan sebelumnya, AKBP Achiruddin Hasibuan menjadi pengawas gudang BBM ilegal dekat rumahnya, di Jalan Guru Sinumba, Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, sudah sejak tahun 2018. Gudang BBM itu, milk PT Almira Nusa Raya (ANR).

Halaman Selanjutnya
img_title