Gempa Bumi Magnitudo 6,4 Guncang Padangsidimpuan, Ini Penjelasan BMKG

Episentrum gempa magnitudo 6.4 yang mengguncang Kota Padangsidimpuan.
Sumber :
  • BMKG

VIVA - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,4 terjadi di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Senin malam, 3 April 2023, sekitar pukul 21.59 WIB. Berdasarkan laporan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, tidak berpotensi tsunami.

PKS Sumut Siapkan Kader Terbaik dan Potensial untuk Bertarung di Pilkada 2024

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono menjelaskan Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,79° LU ; 98,67° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 Km arah Barat Daya Padangsidimpuan, Sumatera Utara pada kedalaman 95 km.

"Padang Sidimpuan, Sumatera Utara diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,2," ucap Daryono dalam keterangan tertulis diterima VIVA MEDAN, Senin malam, 3 April 2023.

Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi, Pertamina Sumbagut Pastikan Suplai BBM Aman

Daryono menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia pada zona intraslab.

Gempa magnitudo 6.4 guncang Kota Padangsidimpuan.

Photo :
  • Istimewa/MEDAN VIVA
Ijeck Resmikan Masjid Al Musannif ke-45 di Kodim 0212 Tapsel

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar turun," sebut Daryono.

Gempa bumi juga dirasakan, selain Padangsidimpuan, Aek Godang dan Pinangsori dengan skala intensitas, daerah Pasaman Barat, Pasaman, Agam, daerah Telo, Tapanuli Tengah, Subulussalam, Dairi, Aceh Selatan, Padang, Painan, Pariaman.

Halaman Selanjutnya
img_title