Kumpul ASIK Blackmores Bersama Ibu Hamil, Dokter Kandungan: Perhatikan Kandungan Suplemen

Suasana Kumpul ASIK Balckmores yang diikuti ibu-ibu hamil
Sumber :
  • Aris Dasril/VIVA Medan

VIVA Medan - Gizi dan nutrisi berkualitas terhadap ibu hamil sangat penting dan menjadi faktor penentu pada tumbuh kembang bayi saat lahir. Asam folat dan omega 3 yang terkandung dalam suplemen harus diperhatikan sejak awal kehamilan.

HIRO di Pilkada Medan 2024, Fokus Peningkatan Pendidikan Berkeadilan

Hal ini dikatakan Dr. Edward Muldjadi, Sp.OG, FMIGS, FEGRF, pada Kumpul ASIK (Asupan Ibu Berkualitas Karena) Blackmores di Rumah Sakit Regina Maris Medan, Jalan Brigjend Katamso Medan, Sabtu 19 Oktober 2024. Kumpul ASIK ini merupakan inisiatif Balckmores untuk mengedukasi ibu-ibu Indonesia tentang pentingnya nutrisi optimal dalam mencapai kehamilan yang sehat dan menghasilkan ASI berkualitas.

“Nutrisi bisa kita dapatkan dari makanan seperti 4 sehat 5 sempurna. Salah satunya adalah asam folat yang sangat penting untuk perkembangan janin sejak hari pertama konsepsi,” ujar Dr. Edward dalam sesi Expert Talk menekankan pentingnya nutrisi seimbang bagi ibu hamil.

Pencapaian Imunisasi Tertinggi, Dinkes Deliserdang Sabet Penghargaan dari Kemenkes RI

Kekurangan asam folat, lanjutnya, dapat menyebabkan cacat pada perkembangan saraf janin. Ia juga menjelaskan bahwa kebutuhan nutrisi makro cenderung lebih mudah dipenuhi dibandingkan dengan nutrisi mikro, yang sering kali jumlahnya sedikit dan rentan rusak selama proses memasak. Dr. Edward juga menyoroti peran omega 3 dalam perkembangan otak dan jantung janin. “Ikan laut seperti salmon dan sarden kaya akan omega-3 yang sangat dibutuhkan,” tambahnya.

Sesi Expert Talk Kumpul ASIK Balckmores.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan
Kolaborasi Asian Agri - Tanoto Foundation Gelar Pemeriksaan Kesehatan Massal

Ia mengingatkan, agar ibu hamil menghindari makanan setengah matang, karena berisiko mengandung bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit seperti toksoplasmosis. "Jadi, hindari makanan yang tidak matang sempurna untuk menjaga kesehatan ibu dan janin," tegas dokter spesialis kandungan itu.

"Perhatikan suplemen-suplemen harap perhatikan juga dari pada yang bergizi. Bukan berarti suplemen saja, karena disitulah gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita. Juga berikan ASI saat anak lahir, agar meningkatkan imunitas tubuh bayi," jelas Erward.

Halaman Selanjutnya
img_title