Fotografer di Medan Luncurkan Buku 'Horas', Potret Budaya dan Adat Batak Tempo Doeloe

Peluncuran buku 'Horas' karya fotografer di Kota Medan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Sejumlah fotografer di Kota Medan, meluncurkan karya buku fotografi, dengan diberi nama 'Horas'. Buku ini, mengangkat tema dan menggambarkan 'Batak Tempo Doeloe', dikemas dengan seni fotografi berkualitas disajikan dalam 82 halaman.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Salah satu fotografer yang terlibat dalam produksi buku Horas ini, Palti Siregar menjelaskan buku ini, bermula dari rasa penasaran akan bagaimana batak tempo dulu. Atas hal itu, Batak Imagery menciptakan sebuah foto konsep tentang Adat dan Budaya Batak Toba serta Aktifitas yang kerap dilakukan orang Batak dahulu kala.

“Contohnya kayak pasar, jaman dahulu gimana,itu kita gambarkan dalam fotografi. Terus juga bagaimana mossak atau seni bela diri Batak Toba yang sudah hampir punah, dan masih banyak lagi," jelas Palti Siregar dalam sesi jumpa peluncuran buku 'Horas' di Kota Medan, Jumat 23 Februari 2024.

Dituding Jadi Perusak Lingkungan, Masyarakat Adat Demo DPRD Sumut Tuntut PT TPL Ditutup

Tak hanya tentang keindahan, buku fotografi ini juga diciptakan bertujuan untuk literasi dalam bentuk visual.

“Kita ingin generasi yang sekarang dan yang akan datang tidak lupa akan sejarah makanya kita gambarkan ulang melalui foto yang kita konsep ini,” ucap Palti.

Alfa Scorpii Pamer LEXi LX Saat Buka Puasa Bersama Jurnalis, Ini Keunggulannya

Dipersiapkan sejak November 2023, hampir 5 bulan persiapan hingga terciptanya buku ini.

“Mulai dari riset kecil-kecilan, diskusi dengan para senior serta budayawan, survei lapangan sudah kita lakukan sebelumnya," sebut Palti.

Halaman Selanjutnya
img_title