8 WN Bangladesh Miliki e-KTP Palsu Asal Medan, Bobby Nasution: Sudah Seperti Sindikat

Wali Kota Medan, Bobby Nasution.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Sebanyak delapan warga negara (WN) Bangladesh memiliki e-KTP palsu asal Kota Medan. Mereka pun diamankan Polres Belu dari sebuah rumah di Dusun Fatubesi, Desa Takirin, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu 10 Desember 2023.

Bakal Lawan Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024, Ijeck: Bersaing Secara Sehat

Menyikapi hal itu, Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution membeberkan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, sudah menelusuri terkait e-KTP palsu asal Kota Medan itu, dimiliki 8 WN Bangladesh tersebut.

"Tadi, sudah dilaporkan. Pertama yang saya sampaikan KTP-nya palsu, NIK benar dari warga Kota Medan. Begitu dibuka NIKnya dan sama fotonya berbeda," ucap Bobby Nasution kepada wartawan, di Kota Medan, Senin sore, 18 Desember 2023.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilgub Sumut 2024, Ini Hasilnya

Menantu Presiden RI, Joko Widodo itu, menjelaskan secara fisik terlihat mirip dengan e-KTP yang asli. Namun, bila dilihat secara detail bahan digunakan berbeda dari e-KTP pada umumnya.

"Itu sudah seperti sindikat kita lihat, cardnya bahannya beda, e-KTP sekilas dilihat sama, card yang banyak kita gunakan," tutur Bobby Nasution.

Pj Bupati Deliserdang dan Taput Resmi Dilantik, Pj Gubernur Sumut : Silakan Kritik Kami

Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Photo :
  • Dok Pemko Medan

Bobby Nasution mengungkapkan bahwa kedelapan WN Bangladesh tersebut, menggunakan identitas berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga Kota Medan. Suami Kahiyang Ayu itu, mengungkapkan pihaknya masih mendalami terkait e-KTP palsu itu, untuk menelusuri ada keterlibatan oknum pegawai di Pemko Medan, yang terlibat.

Halaman Selanjutnya
img_title