Pencurian BBM di Pipa Milik Pertamina Picu Kebakaran di Belawan, 10 Rumah dan 2 Kandang Babi Hangus

Petugas pemadam kebakaran padamkan api yang diakibatkan pencurian BBM Pertamina.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Kebakaran hebat terjadi di pemukiman rumah padat penduduk di Kampung Kurnia, Lingkungan 10 Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Selasa siang, 14 November 2023, sekitar pukul 10.30 WIB.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Mencuri Kentang Padahal Cuma Pegang, Begini Kronologinya

Akibat kebakaran itu, dilaporkan 10 rumah warga dan dua kandang babi milik warga, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga, karena pencurian Bahan Bakar Minyak (BBM) dari pipa atau ilegal tapping milik PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Dalam kebakaran ini, tidak menimbulkan korban jiwa. Sedangkan, babi di dalam 2 kadang tersebut, berhasil dievakuasi pemiliknya dibantu warga sekitar.

Gagalkan Aksi Pencurian, Lurah Sidorame Barat I Apresiasi Keberanian Dhira

Di lokasi kebakaran tersebut, sudah berulang kali terjadi pencurian dari pipa BBM milik Pertamina, yang melawati kawasan pemukiman rumah yang terbakar itu.

Untuk memadamkan api, 10 unit armada milik Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Medan. Api berhasil dipadamkan, sekitar dua jam kemudian.

Apes Pelaku Curanmor di Medan Ditangkap Polisi, Ketahuan Jual Motor Curian di Medsos

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, menjelaskan penyebab kebakaran itu, karena pencurian BBM dari pipa milik FT Medan Group - Belawan.

"Kebakaran yang terjadi di ruas jalur pipa di Kampung Kurnia diakibatkan oleh adanya aksi illegal taping terhadap pipa penyalur BBM milik FT Medan Grup PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut," ucap Satria, Selasa malam, 14 November 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title