Dihadapan Ratusan Mahasiswa Baru UISU, Prof Ridha: Bahaya Gadget Mengintai Generasi Muda

Prof Dr dr Ridha Dharmajaya, SpBS dihadapan ratusan mahasiswa baru UISU.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Inisiator Gerakan Gadget Sehat Indonesia (GGSI) Prof Dr.dr. Ridha Dharmajaya Sp BS (K) mewarning penggunaan gadget berlebihan berdampak dengan kesehatan. Apa lagi, pengguna smartphone terbanyak di Indonesia di kalangan kaum muda.

Reuni Akbar ke-33, STOK Bina Guna Perkenalkan Prodi Baru Satu-satunya di Sumut

Hal itu, diungkapkan Prof Ridha saat mengisi materi gadget sehat di hadapan ratusan mahasiswa baru di Kampus Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), di Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan. Ia menjelaskan penyebab utamanya adalah menggunakan gadget yang salah.

Ridha mengungkapkan penggunaan gadget yang salah berangkat dari cara penggunaannya yang membuat tekukan pada leher. Dimana, leher dipaksa menanggung beban yang cukup berat selama waktu yang lama.

Cetak Mahasiswa Kreatif dan Terampil Berkomunikasi Melalui Pilmapres Unimed 2024

Kemudian, berulang tak cuma sehari, sebulan bahkan hingga tahunan yang menjadi pemicu kerusakan tulang belakang pada bagian leher atau saraf kejepit di leher. Prof Ridha menyayangkan jika kondisi ini banyak dialami generasi muda sebagai pewaris bangsa.

Padahal saat ini, Indonesia dalam situasi menghadapi bonus demografi. Di mana jumlah penduduk produktifnya lebih tinggi dari non produktif.

Aulia Rachman Wakil Bobby Nasution, Nyatakan Maju di Pilkada Medan 2024

"Saat ini hanya dua dunia yang mengalami bonus demografi yakni Indonesia dan India. Jika ini bisa dimanfaatkan dengan menghasilkan generasi berkualitas, maka Indonesia akan masuk dalam lima besar di dunia," sebut Ridha, Rabu 20 September 2023.

Sambung Ridha mengatakan bahwa jika yang terjadi adalah generasi cacat akibat pengggunaan gadget yang salah dan berlebih, yang terjadi justru bencana demografi.

Halaman Selanjutnya
img_title