Disebut Gibran Saat Debat Cawapres, Begini Penampakan Desa Wisata Ketapanrame Mojokerto

Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA

VIVA - Desa Ketapanrame yang terletak di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (Jatim) mendadak menjadi perhatian usai disebut calon wakil presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka pada debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Minggu 21 Januari 2024.

Pendaftar PPK Pilkada Serentak 2024 di Sumut Tercatat 8.921 Orang

"Saya pernah ke Mojokerto. Di situ ada desa wisata nomor satu se-Indonesia kemarin dapat penghargaan dari Menparekraf Pak Sandiaga Uno,” ujar Gibran saat menyampaikan pendapatnya di debat cawapres, dilansir Senin, 22 Januari 2024.

Wisata Desa Ketanpanrame, Kabupaten Mojokerto.

Photo :
  • Tangkapan Layar/VIVA
Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi, Anies Baswedan Tetap Usung Perubahan

"Intinya adalah itu ini adalah desa wisata dibangun dengan crowd funding jadi masyarakat desa punya saham di apa destinasi wisata tadi, jadi ini salah satu contoh yang baik cara bagaimana agar masyarakat desa tidak meninggalkan desa atau mencari pekerjaan di Kota," lanjutnya.

"Di sini masalahnya adalah bagaimana kita bisa mewujudkan rasa sense of belonging pada masyarakat desa,” lanjutnya.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Desa Ketapanrame berada di lereng Gunung Welirang, tepatnya di ketinggian 800 mdpl. Desa Ketapanrame berhasil mengalahkan sebanyak 4.573 desa wisata yang berpartisipasi dalam ajang yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun lalu dan meraih meraih predikat desa wisata terbaik 2023. Pendapatan desa di kaki Gunung Welirang ini dari sektor pariwisata saja mencapai Rp 3,5 miliar per tahun.

Wisata Desa Ketanpanrame, Kabupaten Mojokerto.

Photo :
  • Tangkapan Layar/VIVA
Halaman Selanjutnya
img_title