Dinilai Tak Netral di Pilgub, MARGASU Minta DPRD Sumut Keluarkan Rekom Pergantian Pj Gubernur

Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Masyarakat Garuda Sumatera Utara (MARGASU) meminta kepada 100 anggota DPRD Sumut, untuk menyampaikan rekomendasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, untuk mencopot atau mengganti Agus Fatoni dari jabatan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumut.

Gerindra Minta Kemendagri Ganti Pj Bupati Tapteng Sugeng Riyanta

Ketua MARGASU Hasanul Rambe alias Gopal Ram mengatakan alasannya, kenapa Agus Fatoni diganti, karena tidak menunjukan netralitas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan memiliki jabatan sebagai Pj Gubernur Sumut. "Kita juga akan meminta 100 anggota DPRD Sumut mengeluarkan rekomendasi pergantian Agus Fatoni sebagai Pj. Gubsu yang tidak netral di Pilgub Sumut," kaya Gopal, Rabu 23 Oktober 2024.

Gopal mengungkapkan bahwa MARGASU sudah melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Gubernur Sumut, di Kota Medan, beberapa hari lalu. Mereka menyoroti, tidak netral Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni, dikabarkan Pj Bupati Langkat, Faisal Hasrimi yang mau dipromosikan menjadi Kadis Kesehatan Sumut.

Para Ustaz Kampung di Sumut Deklarasi Dukung Edy-Hasan di Pilgub Sumut 2024

"Aksi kita soal tidak netral Pj Gubernur Sumut dan Pj Kepala daerah di Pilgub Sumut, masih berlanjut. Rencana kita akan aksi lagi pada Senin 28 Oktober 2024 ini. Di Kantor Gubsu dan DPRD Sumut. Kabar Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimi dijadikan Kadis Kesehatan Sumut juga kita bawa dalam aksi nanti," jelas Gopal.

Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni melantik 11 Pjs Bupati dan Wali Kota di Aula Raja Inal.

Photo :
  • BS Putra/VIVA Medan
Hadiri Peringatan Maulid di Binjai, Ribuan Masyarakat Doakan Edy Rahmayadi Jadi Gubernur Sumut

Gopal mengatakan aksi kedua ini, untuk membantah kabar yang menerpa dirinya telah bertemu dengan Pj Gubernur Sumut dan Pj Bupati Langkat. Pasca aksi pertama di Kantor Gubernur Sumut, pada Rabu 16 Oktober 2024.

Gopal menilai aksi mereka ini, membuat gerah kelompok Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni, pejabat lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang menjadi relawan di Pilgub Sumut 2024, yang berpihak kepada salah satu paslon. "Kita pastikan, Margasu masih bersih dari tuduhan tuduhan itu. Kita akan buktikan aksi lagi di Kantor Gubernur Sumut dan DPRD Sumut," kata Gopal.

Halaman Selanjutnya
img_title