PT KIS Biofuels Indonesia Bangun Pabrik BioCNG Komersial ke-2 di Indonesia, Hasilkan 7,23 juta m3

Pembangunan pabrik BioCNG Komersial ke-2 PT KIS Biofuela Indonesia di Kabupaten Labusel.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - PT. KIS Biofuels Indonesia memulai pembangunan pabrik BioCNG Komersial keduanya yang berlokasi di Pabrik Kelapa Sawit Tasik Raja milik Anglo-Eastern Plantation PLC di Desa Bukit Tujuh, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, Indonesia.

CitraLand Gama City Medan Luncurkan Produk Baru, dengan Beragam Keuntungan dan Promo Menarik

CEO PT KIS Biofuel Indonesia KR Raghunath melalui Head of Legal, Yasmine Surachman, mengatakan pabrik BioCNG ini di rancang dengan kapasitas pengolahan 12,6 juta m3 Biogas Mentah per tahun dan menghasilkan 7,23 juta m3 BioMethane/BioCNG.

"Pabrik ini diharapkan dapat beroperasi secara Komersial pada bulan Desember 2024 dan mencapai kapasitas penuh pada kuartal I-2025," kata Yasmine dalam keterangannya, Senin 12 Agustus 2024.

Ngaku Satgas Pidsus Kejagung, Eks Staf Kejaksaan dan Eks Kades Ditangkap Peras Pegawai Kecamatan

Menurut Yasmine, yang menarik dari proyek kedua mereka ini adalah proyek tersebut memiliki fitur khusus yang mengharuskan BioCNG diangkut dengan truk BioMethane. Proyek ini bahkan diklaim akan menjadi pertama kalinya truk BioMethane skala besar digunakan di Indonesia.

"Pabrik BioCNG ini akan menjadi yang terbesar di Indonesia, dengan investasi senilai USD 4,2 juta atau sekitar Rp 66 miliar. Proyek ini juga telah berhasil didaftarkan untuk mendapatkan Karbon kredit. Kami berharap proyek ini dapat mencapai pengurangan emisi sebesar 1,3 Juta MT CO2/tahun," jelasnya.

Sat Narkoba Polres Labusel Tangkap 4 Pengedar Sabu

Proyek ke-2 ini merupakan sebuah langkah maju setelah suksesnya pengoperasian komersial pabrik BioCNG komersial pertama di Indonesia yaitu di PT Ukindo Langkat Belangkahan.

Sesuai dengan rencana awal PT KIS Biofuels Indonesia akan membangun 25 plant pabrik BioCNG di Indonesia. Saat ini mereka tengah mempercepat pembangunan dan berencana menyelesaikan 25 pabrik BioCNG pada tahun 2026.