Tingkat Hunian Hotel Diprediksi Capai 100 %, PHRI Sumut Sebut PON 2024 Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ketua PHRI Sumut, Denny S Wardhana.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara siap menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, wilayah Sumut. Lalu memberikan pelayanan terbaik kepada atlet, pelatih, official dan tamu VVIP.

Pelari Sumut Nella Agustin Raih Emas 400 Meter Gawang Putri PON 2024

Hal itu, diungkapkan oleh Ketua PHRI Sumut, Denny S Wardhana saat dikonfirmasi VIVA Medan, Kamis 1 Agustus 2024. Ia mengatakan hotel digunakan pada PON ini, adalah hotel bintang 3 dan bintang 4.

"Kita diminta hotel itu, bintang 3 dan bintang 4. Kalau itu semua terpakai, dipastikan bintang 1 dan 2 terpakai. Karena banyak yang akan hadir dari atlet, pelatih, official dan pengunjung serta tamu VVIP. Tapi, kita dimintanya di bintang 3 dan bintang 4," ucap Denny.

Lari Trail Eksebisi di PON 2024, Sumut Bersaing dengan DKI dan Sulsel

Pelaksanaan PON wilayah Sumut ini, digelar 10 Kabupaten/Kota, yakni Medan, Deliserdang, Serdangbedagai, Binjai, Langkat, Karo, Pematangsiantar, Simalungun, Toba dan Samosir. Sedangkan, untuk PON di Sumut, mempertandingkan 34 cabang olahraga, 46 disiplin cabang olahraga, 528 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 6.281 atlet dan 3.140 official.

Pemprov Sumut PON 2024 menyediakan sebanyak 96 hotel, dengan sekitar 8 ribu kamar yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota di Sumut ini. Lanjut, Denny mengungkapkan dari 10 Kabupaten/Kota tersebut, untuk pembookingan hotel sudah dilakukan PB PON Wilayah Sumut dan kontigensi dimasing-masing provinsi di tanah air ini.

Aflah Fadlan, Perenang Jabar Boyong Medali Emas Perdana di PON 2024

"Sudah banyak di booking oleh PB PON Wilayah Sumut dan ada dari kontingen masing-masing provinsi. Insya Allah tidak ada kendala, dan kita terus berkordinasi dan melakukan rapat dengan PB PON," jelas Denny.

Denny mengungkapkan nantinya, di setiap hotel dijadikan tempat akomodasi para peserta PON 2024 ini, akan didirikan pameran UMKM Sumut, dengan menjual sovenir hingga produk-produk pelaku UMKM tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title