Jelang Idul Adha, Ini Langkah Pemprov Sumut Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok

Kadisperindag ESDM Sumut, Mulyadi Simatupang sidak di Pasar Sukaramai, Medan.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah atau diperkirakan jatuh pada 17 dan 18 Juni 2024 ini. Atas hal itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, melakukan sejumlah langkah antisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok.

Pimpin Apel Terakhir, Pj Gubernur Sumut: Mengucapkan Selamat Tinggal Hal Tersulit

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Sumut, Mulyadi Simatupang, Selasa 4 Juni 2024. Ia menjamin untuk pasokan kebutuhan aman di Provinsi Sumut ini.

"Ya biasanya, kenaikan harga bahan pokok itu di hari besar keagamaan termasuklah ini nanti Idul Adha. Itu biasanya, daging kemudian ayam broiler, telur, sementara untuk beras, cabai ini masih memenuhi lah, karena kita juga menghasilkan komoditi tersebut," ucap Mulyadi.

Sejak Dinihari BBMKG Catat Samosir Alami Gempa Bumi 51 Kali

Mulyadi mengungkapkan pihaknya akan melakukan langkah antisipasi berupa pemantauan harga dan stok kebutuhan pokok, bersama stekholder terkait hingga melakukan operasi pasar murah, untuk menekan harga komoditas yang naik.

"Kalau pasar murah selalu ada, karena memang hal seperti itu, kita melihat gejolak di masyarakat dari pantauan kita setiap hari. Kita juga bisa pantau pasar setiap hari, jadi kita bisa tahu harga harga diatas eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah," jelas Mulyadi.

PDIP Sebut Edy Rahmayadi Lawan Sepadan Bobby Nasution di Pilgub Sumut

Kadis Perindag ESDM Sumut, Mulyadi Simatupang.

Photo :
  • Dok Pemprov Sumut

Mulyadi mengungkapkan bahwa ada sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan seperti bawang merah, dan bawang putih. Tapi, sudah disiapkan antisipasi hingga intervensi harga, kembali normal.

Halaman Selanjutnya
img_title