Revisi UU Penyiaran Ketua DPRD Sumut : Jangan Sampai Bungkam Demokrasi

Ketua DPRD Sumut, Sutarto saat menerima puluhan jurnalis menyampaikan aspirasi tolak RUU Penyiaran.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Ketua DPRD Sumatera Utara, Sutarto menyoroti sejumlah poin terkait reaksi keras dari para insan pers terhadap revisi Undang-undang Penyiaran yang membungkam kebebasan pers. Setelah melakukan aksi protes di depan Kantor DPRD Sumut Selasa lalu, 21 Mei 2024 para jurnalis di Kota Medan menyuarakan kebebasan pers. Apalagi rencana revisi undang-undang menghalangi kerja jurnalis dalam investasi.

Gapeksindo Ajak Cakada di Pilkada 2024 Tampilkan Gagasan Kontruksi dalam Pembangunan

Dalam pertemuan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Sutarto mengatakan, Rakernas V PDI Perjuangan yang diikuti segenap kader termasuk Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota, membuat rekomendasi, termasuk penguatan pers dan keterlibatan civil society.

"Kita menginginkan agar pers sebagai pilar demokrasi tetap kuat, jangan ada pengekangan demokrasi," ucapnya, Senin kemarin, 27 Mei 2024.

FGD di UM Tapsel, Hinca Panjaitan : Usia Pensiun Polri 60 Tahun Masuk Akal

Dijelaskannya, seluruh Anggota DPRD Sumut kompak dan secara kelembagaan akan menyampaikan aspirasi terkait revisi UU penyiaran kepada DPR RI. "Kita banyak mendengar aspirasi dari kawan-kawan media dan ini menjadi catatan kita," ungkapnya.

Menurut Sutarto, salah satu fungsi pers sebagai penyampai edukasi ke publik. "Kedudukan pers tentunya dengan kaidah jurnalistik, harusnya dapat mengedukasi publik. Era saat ini merupakan era keterbukaan informasi, maka kita tentunya harus mendorong pers dalam menjalankan fungsi tersebut," tambahnya.

Terdakwa Penyebar 'Rekaman Bocor Forkopimda Batu Bara Dukung Capres 02' Tulis Surat Permintaan Maaf

Sutarto menambahkan, peran media massa sebagai salah satu arus primer yang dapat menjadi sumber informasi utama. Juga menjadi pembanding validitas informasi yang bertebaran di medsos.

"Tentunya media massa, diperlukan dalam proses verifikasi dari arus informasi yang bertebaran di medsos untuk menangkal hoaks," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title