Pasca Banjir Lahar Dingin di Sumbar, Pertamina Sumbagut Tinjau Jalur Distribusi Energi

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memastikan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG), wilayah Sumatera Barat (Sumbar) dapat terpenuhi. Salah satunya di lokasi terdampak bencana alam akibat banjir lahar hujan Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar.

Pertamina Sumbagut Sabet 5 Penghargaan Internasional Asian Impact Award 2024

"Peninjauan langsung ke lokasi dilakukan pada Sabtu 11 Mei 2024, kemarin," kata Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar, Kamis 16 Mei 2024.

Freddy memantau pasokan BBM dengan meninjau langsung titik lokasi skema rute alternatif penyaluran BBM dan LPG melalui jalur Malalak, Selasa (15/5/2024) didampingi tim Manajemen Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut.

Pertamina Sumbagut dan Pemkab Labuhanbatu Resmikan Program EMBRIO

“Kami terus berupaya mengoptimalkan penyaluran BBM dan LPG di lokasi terdampak. Untuk sejumlah wilayah dengan akses jalan yang terisolir, BBM dan LPG kami salurkan ke titik tujuan menggunakan mekanisme skema RAE (Reguler Alternative Emergency)," jelas Freddy Anwar.

Mekanisme skema alih suplai alternatif rute ini, lanjut Freddy, pasokan BBM ke Kabupaten Agam, dan Kabupaten Tanah Datar alur distribusi melalui Fuel Terminal (FT) Sei Siak, IT Dumai dan FT Tembilahan yang berada di Provinsi Riau, yang telah dimulai sejak minggu (12/5/2024), membantu pasokan untuk beberapa wilayah terdampak aksesnya, yang sebelumnya biasa dipasok melalui IT Teluk Kabung.

Esports Sumbar Raih Emas Nomor PUBG di PON 2024, Jakarta Runner-up

“Kami juga akan terus memantau perkembangan situasi di wilayah rute terdampak, dan memastikan seluruh fasilitas dan stok LPG maupun BBM, khususnya di Sumbar berjalan optimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ucap Freddy.

Lebih lanjut Freddy menambahkan, merespon cepat bencana, Pertamina juga menyalurkan bantuan berupa kebutuhan logistik untuk pengungsi, serta LPG Bright Gas 12 Kg untuk Posko Dapur Umum yang diterima secara langsung oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra.

Halaman Selanjutnya
img_title