29 Januari 2024, Tol Seksi Kuala Bingai - Tanjung Pura Resmi Dibuka Tanpa Tarif

Gerbang tol Tanjungpura.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi Kuala Bingai - Tanjung Pura sepanjang 19 kilometer, dimulai pada 29 Januari 2024 Pukul 07.00 WIB.

Guru SD Tewas Tersambar Kereta Api di Kota Medan

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengungkapkan selama uji coba jalan tol ini, pengguna kenderaan bermotor melintas tidak kena tarif alias gratis.

"Pengoperasian ini, menyambung seksi Binjai - Stabat sepanjang 12,3 kilometer, yang telah terlebih dahulu dioperasikan sejak Februari 2022 dan seksi Stabat - Kuala Bingai sepanjang 7,55 Km sejak September 2023," ucap Tjahjo, dalam keterangannya, Jumat 19 Januari 2024.

Arus Balik Lebaran 2024, Ruas JTTS Sumut Terus Alami Peningkatan Volume Kendaraan

Ruas Tol Tanjungpura yang akan dioperasikan.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan

Tjahjo menjelaskan bahwa pengoperasian ini menyusul telah dikantonginya Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang terbit pada tanggal 27 Desember 2023 lalu dan dikeluarkannya Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 15/KPTS/M/2024 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi Kuala Bingai - Tanjung Pura.

Volume Kenderaan di JTTS Sumut Meningkat Signifikan, Puncak Arus Balik Lebaran H+4

“Sebelumnya seksi tol ini, telah diuji coba terlebih dahulu pada Libur Nataru lalu dengan dioperasikan secara fungsional sejak selama lebih dari dua pekan mulai dari tanggal 23 Desember 2023 hingga 10 Januari 2024 dan telah dilalui sebanyak lebih dari 100 ribu kendaraan dengan lancar serta nihil kecelakaan,” tutur Tjahjo.

Melihat antusiasme masyarakat yang tinggi pada fungsional Nataru lalu serta pemangkasan waktu tempuh yang signifikan. Tjahjo menjelaskan bahwa Hutama Karya telah siap mengoperasikan jalan tol ini, dari sisi fasilitas maupun kesiapan petugas di lapangan.

Halaman Selanjutnya
img_title