Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah, Polmed Ditunjuk Sebagai Koordinator Pelaksana

Peluncuran Program Ekosistem Kemitraan Berbasis Potensi Daerah.
Sumber :
  • B.S Putra/VIVA Medan

VIVA – Deputi II Bidang Pembangunan Manusia dari Kantor Staf Presiden, Abetnego Tarigan, mengatakan bonus demografi di Indonesia dituntut menciptakan generasi muda yang mampu memiliki daya saing dan kemampuan sesuai dengan perkembangan serta kebutuhan industri saat ini. Menurutnya jangan sampai Indonesia memiliki anak-anak sehat, tapi tidak memiliki kemampuan yang mumpuni.

Adi Saputra Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Wagub Sumut 2024 ke Demokrat dan PAN

"Kita mempunyai anak-anak sehat, tapi tidak punya skill. Tidak punya lapangan pekerjaan tidak nyambung, apa yang terjadi? Kita memiliki masalah-masalah sosial di dalamnya," katanya dalam acara peluncuran dan diskusi Program Penguatan Ekosistem Kemitraan untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah di Sumatera Utara tahun 2023, berlangsung di Aula Raja Inal Siregar, Lantai II Kantor Gubernur Sumut, Kota Medan, Rabu 1 November 2023.

Melalui kegiatan ini Abetnego berharap terbangunnya pengembangan inovasi berbasis dengan potensi di daerah. Nantinya hal itu akan mampu menjadi memperkuat ekosistem kemitraan dan ke depannya bagi Sumut maupun Indonesia secara umum.

Usung Sumut Sehat, Cerdas dan Bermartabat, Barry Simorangkir Maju Bacalon Gubsu 2024

"Benar-benar siap, kami lihat vokasi benar-benar memikirkan aspek hal itu semua," tutur Abetnego.

Abetnego Tarigan melanjutkan program ini merupakan titik awal daerah untuk menentukan arah masa depan pembangunan ekonomi dan inovasinya sendiri yang telah diatur dalam I Perpres Nomor 68 Tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi. Ekosistem kemitraan ini yang nantinya akan menjadi pendorong daya saing ekonomi di daerah.

Edy Rahmayadi Siap Bertarung Lawan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024

“Kami melihat tantangan sesungguhnya yang saat ini ada di daerah adalah kemampuan mengelola lembaga serta membangun komunikasi dengan lintas stakeholder. Sumber daya manusia pendidikan vokasi dengan visi mumpuni menjadi kunci,” terangnya.

Untuk diketahui, Politeknik Negeri Medan (Polmed) dipercaya Direktorat Kemitraan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) Kemendikbud Ristek sebagai koordinator program penguatan ekosistem kemitraan untuk pengembangan inovasi berbasis potensi daerah Sumut.

Halaman Selanjutnya
img_title