Pergerakan Penyelamat Danau Toba Temui Ketua DPRD Sumut, Bahas Kartu Kuning Unesco

Pertemuan PPDT dengan Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Pergerakan Penyelamat Danau Toba (PPDT) bertemu dengan Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting untuk membahas bersama dalam tindakan membawa Geopark Danau Toba keluar dari Kartu Kuning dan meraih Green Card Kedepannya. Pertemuan itu, berlangsung di ruang rapat lantai II gedung DPRD Sumut, di Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Rabu 25 Oktober 2023.

Jalan Alternatif Langkat-Karo Longsor, Sisakan 1 Meter yang Bisa Dilalui Pengendara

Dalam pertemuan ini, dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumut, Zumri Sulthony sekaligus Kepala Badan Pengelola Toba Caldera Unesco Geopark (BPTCUGGp) Sumut.

"Saya sudah sampaikan kepada Pj Gubernur Sumut, bapak Hasannudin untuk bertemu dengan bapak dan didampangi oleh pak Zumri. Apa menjadi hasil pertemuan ini, saya harapkan jadi masuk bagi Pemprov Sumut, untuk perbaikan kedepannya di Danau Toba," kata Baskami Ginting.

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut : Kita Senang Jadi Tuan Rumah

Perwakilan dari Pergerakan Penyelamat Danau Toba (PPDT) sekaligus Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia Kabupaten Samosir, Ombang Siboro mengungkapkan bahwa Geopark menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke kawasan Danau Toba.

Ombang mengatakan untuk BPTCUGGp diharapkan menjalankan tugas dengan baik kedepannya dan mampu bawa Geopark Danau Toba keluar dari kartu kuning. Mantan Kadis Pariwisata Kabupaten Samosir mendorong BPTCUGGp menjadi lembaga independen, bukan dibawah Dinas Pariwisata Sumut. Sehingga menjadi fokus tersebut.

Pemprov Sumut Optimalkan Teknologi Informasi dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON 2024

"Kemudian yang kedua sisi pembiayaan, dengan skema hibah, tapi kepemimpinannya nanti bisa mencari dana dari manapun. Maka dari pemimpin harus yang pandai berkomunikasi dengan para bupati. Tantangan utamanya nanti untuk dapat menghimpun dana selain hibah dari provinsi," jelas Ombang.

Pertemuan BPODT bersama Pemkab se-Kawasan Danau Toba BPTCUGG di Kantor BPODT, Kabupaten Toba.

Photo :
  • Istimewa/VIVA
Halaman Selanjutnya
img_title