Soal Beras Sintetis Hebohkan Warga di Binjai Sumut, Ini Hasil Uji Laboratorium

Beras bulog yang diduga mengandung plastik atau sintetis.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Satuan Reserse Kriminal Polres Binjai mengumumkan hasil uji laboratorium terkait dugaan beras sintetis yang viral di dunia maya hebohkan warga Kota Binjai, Sumatera Utara (Sumut). Kasat Reskrim Polres Binjai, AKP Zuhatta Mahadi menyatakan, pihaknya sudah menerima hasil uji laboratorium yang diumumkan Laboratorium PT Saraswanti Indo Genetech di Bogor. 

Musrenbang RPJPD, Pj Gubernur Sumut Paparkan Visi Misi Pembangunan 2025-2045

Ia menegaskan, hasil uji laboratorium negatif. Menurutnya, Polres Binjai menerima tembusan hasil uji analisis laboratorium pada Selasa 24 Oktober 2023.

"Ya kami sudah menerima tembusan hasil uji analisis laboratorium PT Saraswanti Indo Genetech," kata Zuhatta, Rabu 25 Oktober 2023.

PSAWI Sumut Target 3 Emas PON 2024, Sempat Kesulitan Cari Atlet hingga Disangka Penculik

Ia menguraikan, Laboratorium PT Saraswanti Indo Genetech menerima sampel beras yang dikirim penyidik Polres Binjai pada 16 Oktober 2023. Lalu dilakukan pengujian dengan berbagai parameter sampai 23 Oktober 2023.

Adapun parameter itu di antaranya, uji fisika terdiri dari uji hancur, uji leleh dan uji terapung. Lalu uji profil plastik yang terdiri dari polyethyleneterephtalate (PET), polypropylene (PP), high density polyethylene (HDPE) dan low density polyethylene (LDPE). 

Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Ketua NasDem Sumut : Tanpa Mahar

"Kesimpulannya berdasarkan hasil pengujian memenuhi standar beras, negatif, tidak mengandung plastik sesuai parameter pengujian tercantum," katanya.

Kasat Reskrim Polres Binjai, AKP Zuhatta Mahadi.

Photo :
  • M Akbar/VIVA Medan
Halaman Selanjutnya
img_title