USU MoU dengan Universitas Terkemuka di Jepang, Prof Muryanto: Tingkatkan Kolaborasi Internasional

Rektor USU, Prof Muryanto Amin menandatangani MoU Chiba University of Commerce.
Sumber :
  • Dok USU

VIVA Medan - Tingkatkan kolaborasi riset internasional, Universitas Sumatera Utara (USU) menjalin kerja sama dengan Chiba University of Commerce (CUC) yang merupakan salah satu universitas terkemuka di Jepang karena mengusung konsep 100 persen renewable energy university. MoU dua universitas dilakukan untuk memperkuat program internasionalisasi kedua belah pihak.

22.974 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2024 Dilaksanakan di Unimed

Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, SSos, MSi yang dalam kunjungannya ke CUC, Jepang didampingi Wakil Rektor Bidang Keuangan dan SDM Muhammad Arifin Nasution, SSos, MSP. Prof Muryanto menjelaskan, penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Chiba University of Commerce di Jepang adalah untuk program joint research, student and staff exchange, visiting professor dan guest lecture di mana akan ada dosen atau profesor dari Chiba University of Commerce yang akan mengajar untuk USU.

"Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi riset internasional, juga meningkatkan international exposure untuk mahasiswa USU agar bisa lebih baik dalam beradaptasi dengan dunia luar. Agar kerja sama ini berjalan sesuai dengan yang diinginkan, maka diharapkan ada supervisi program agar fokus dan berkelanjutan," ucap Muryanto dalam keterangan tertulis, Sabtu 14 Oktober 2023.

Sebanyak 37.169 Peserta Ikuti UTBK-SNBT 2024 Digelar di USU

Kolaborasi USU dengan CUC sendiri sudah terjalin sejak beberapa tahun lalu, ditandai dengan adanya mahasiswa USU yang pernah melaksanakan program pertukaran, yakni tiga mahasiswa di tahun 2015, satu mahasiswa di 2017 dan terakhir dua mahasiswa di 2019. Kehadiran delegasi USU ke CUC sendiri diharapkan mampu meningkatkan kolaborasi yang lebih luas khususnya dalam collaboration research.

Prof Mury juga berharap bisa belajar dari CUC terkait dengan pengaplikasian konsep renewable energy university dan penerapan research center CUC yang terintegrasi.

Indonesia Versi Scimago 2024, USU Kampus Riset Terbaik dan Duduki Peringkat ke-4

"Melalui kerja sama ini, kita mendorong adanya kerja sama untuk penerbitan publikasi dan sitasi, collaboration research untuk program doktoral dan lainnya," ujarnya.

Chiba University of Commerce sendiri memiliki unggulan dalam program studi ekonomi, akuntansi, sustainability dan research. Prof Mury berharap walaupun tentang ekonomi dan akuntansi, namun program PhD yang ditawarkan harus tetap berhubungan dengan IT.

Halaman Selanjutnya
img_title