Diganjar Kartu Kuning dari UNESCO, BPODT Siap Bantu TCUGGp Sumut Soal Penataan Danau Toba

Dirut BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan (tengah).
Sumber :
  • Haris Dasril/VIVA Medan

VIVA Medan - Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNESCO menjatuhkan kartu kuning atau peringatan, kepada Toba Caldera Global Geopark atau Geopark Kaldera Toba atas minimnya aksi, yang dilakukan oleh badan pengelola Toba Caldera Unesco Global Geopark (TCUGGp) Sumut.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Menyikapi hal itu, Direktur Utama (Dirut) Badan Otorita Pelaksana Danau Toba (BPODT), Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung BPTCUGGp, untuk membenahi atau penataan kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Menurut Jimmy sebagaimana rekomendasi UNESCO agar terhindar dari kartu merah. Untuk itu, ia mengajak seluruh stekholder untuk membahas soal kartu kuning tersebut. Termasuk, dia dalam waktu dekat akan bertemu dengan Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.

Disbudparekraf Sumut akan Gelar Pameran Budaya dan Wisata di Bandara Soekarno-Hatta

"Sudah merencanakan untuk bertemu dengan Pj Gubernur Sumatera Utara, dalam rangka mendorong penyegaran organisasi BPTCUGGP dan jajarannya yang telah dibentuk oleh Gubernur Sumut," kata Jimmy dalam keterangan tertulis, diterima VIVA, Jumat 15 September 2023.

Presiden RI, Joko Widodo meresmikan pelabuhan penyeberangan di Danau Toba.

Photo :
  • Fanpage Presiden Jokowi
Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Jimmy mengatakan pada prinsipnya, BPODT siap menyukseskan Kaldera Toba untuk tetap sebagai anggota UNESCO Global Geopark. Sehingga dapat bersama-sama mengembangkan Danau Toba lebih baik lagi kedepannya.

"BPODT juga siap, membantu untuk melakukan sosialisasi Geopark Kaldera Toba ke lembaga pendidikan, lembaga agama, lembaga adat di Kawasan Danau Toba dan membuat signage geopark di Toba Caldera Resort," sebut Jimmy.

Halaman Selanjutnya
img_title