Pembangunan Parking Hub di Kaldera Toba, Ini Penjelasan Dirut BPODT

Dirut BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan (tengah).
Sumber :
  • Haris Dasril/VIVA Medan

VIVA Medan - Direktur Utama (Dirut) Badan Otorita Pelaksana Danau Toba (BPODT), Jimmy Bernando Panjaitan angkat bicara terkait dengan proyek pembangunan Parking Hub senilai Rp14 miliar lebih di kawasan Kaldera Toba Resort, Kabupaten Toba.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Jimmy mengungkapkan bahwa pembangunan Parking Hub sudah sesuai dengan prosedur dan sudah melewati pengecekan langsung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sehingga tidak ada permasalahan dalam proyek tersebut.

"Pada prinsipnya kami dari BPODT, berusaha semaksimal mungkin berusaha agar pekerjaan ini, dengan transparan dan juga akuntabel," ucap Jimmy kepada wartawan di Kantor BPODT di Jalan Kapten Pattimura, Kota Medan, Rabu sore, 30 Agustus 2023.

Dituding Jadi Perusak Lingkungan, Masyarakat Adat Demo DPRD Sumut Tuntut PT TPL Ditutup

Untuk diketahui, pembangunan Parking Hub tersebut, dilakukan dua tahap yang anggaran berasal dari APBN melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Dimana tahap pertama dikerjakan 2021, dengan anggaran Rp 9,98 miliar dan tahap dua dikerjakan tahun 2022, dengan anggaran Rp 4,67 miliar. Dengan itu, total anggaran Rp14,65 miliar.

"Itu yang sebenarnya (soal anggaran proyek Parking Hub). Bahwasanya di Parking Hub tersebut, dari mulai proses lelang yang ada di Kemenpar tentu ada prosedur," kata Jimmy.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Didampingi Direktur Keuangan Umum dan Komunikasi Publik BPODT, Bambang Cahyo Murdoko dan Kepala Divisi Komunikasi Publik BPODT, Nelson Lumbantoruan. Jimmy mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan monitoring dan evaluasi dalam pengerjaan Parking Hub.

"Dan dari proses pengerjaan hingga proses penyelesaian monev dan evaluasi itu kami melibatkan pihak-pihak yang sesuai prosedur. Termasuk BPK sudah masuk dan sudah disampaikan bahwa pekerjaan itu dibagi dalam 2 tahap," ungkap Jimmy.

Halaman Selanjutnya
img_title