Momen Kemeriahan Kanim TBA Gelar Upacara HUT Ke-78 Republik Indonesia

Momen kemeriahan Kanim TBA memperingati HUT RI le-78.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Tanjungbalai Asahan (TBA) meriahkan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Serangkaian acara dilaksanakan, salah satunya menggelar upacara nasional yang diikuti oleh seluruh pegawai dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN).

SMMPTN Barat 2024 Konsorsium BKS-PTN Barat Resmi Diluncurkan, Ini Kata Rektor USU

Dalam suasana khidmat, seluruh pegawai dan mahasiswa KKN tampak kompak mengenakan beragam pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini memberikan nuansa keberagaman budaya yang menjadi salah satu kekayaan bangsa.

Inspektur Upacara, Torang Pardosi, dengan penuh semangat membacakan amanat yang disampaikan oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly.

Soroti Kenaikan UKT, F-PKS DPRD Sumut : Jangan Sampai PTN Menetapkan Melebihi Batas BKT

"Menteri Yasonna, mengingatkan bahwa momentum kemerdekaan. Harus dijadikan, waktu yang tepat untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan, yang telah berjuang dan mengorbankan nyawa mereka di medan perang demi kemerdekaan bangsa," ucapnya.

Selain mengenang sejarah, Torang juga menegaskan pentingnya semangat kemerdekaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan penegakan hukum di bidang keimigrasian. Ia menekankan bahwa sebagai lembaga publik, peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat menjadi prioritas utama yang harus terus diperhatikan dan ditingkatkan.

Permudah Masyarakat Mengakses Buku, Pemprov Luncurkan Aplikasi D-Litera dan Tiba di Sumut

Setelah upacara selesai, suasana berubah menjadi riang gembira dengan diadakannya foto bersama seluruh peserta upacara. Kegembiraan semakin terpancar saat dilaksanakan syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng, sebuah tradisi yang melambangkan rasa syukur dan harapan atas berkah yang diberikan dalam perjalanan bangsa.

Peringatan kemerdekaan yang ke-78 ini menunjukkan kesatuan dan semangat kebersamaan dalam menjaga dan memajukan Indonesia. Melalui upacara ini, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Asahan memberikan kontribusi positif dalam merayakan kemerdekaan sambil tetap mengingat nilai-nilai luhur yang telah ditanamkan oleh para pendahulu bangsa.