Pastikan Zero Gangguan Kamtib, Lapas Siborongborong Razia dan Tes Urine Mendadak Warga Binaan

Kepala Lapas Siborongborong Parlindungan Siregar tunjukkan hasil razia hunian warga binaan.
Sumber :
  • Dok Lapas Siborongborong

VIVA Medan - Aksi bersih-bersih hunian warga binaan kembali dilakukan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Siborongborong dengan menggelar razia ke seluruh blok. Tak hanya itu, tes urine mendadak juga dilakukan guna mendeteksi penggunaan narkoba.

Peredaran Pil Ekstasi di Diskotek SS Diungkap Polres Binjai, 2 Pengedar Ditangkap

Kepala Lapas Siborongborong, Parlindungan Siregar mengatakan, razia ini menindaklanjuti Surat Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Utara (Sumut) tentang pelaksanaan langkah progressive. Razia dadakan dengan menyasar seluruh blok hunian warga binaan berlangsung Selasa 9 Mei 2023 sejak pukul 09.00- 12.00 WIB.

"Ini sebagai tindak lanjut atas maraknya pengaduan terhadap Lapas/Rutan terkait peredaran narkoba, penipuan online, pungli, dan lain-lain di lingkungan UPT Pemasyarakatan, dengan ini Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Siborongborong melaksanakan razia insidentil ke seluruh blok hunian warga binaan dan tes urine terhadap warga binaan dan letugas Lapas Kelas IIB Siborongborong," ungkap Parlindungan dalam keterangan tertulisnya.

Tingkatkan Keamanan, Lapas Siborongborong Kolaborasi Bersama Polres Taput Cek Pemeliharaan Senpi

Sebelum melakukan razia blok hunian warga binaan, Parlindungan Siregar terlebih dahulu memberikan pengarahan kepada petugas yang akan melakukan razia. Kemudian dilanjutkan dengan penggeledahan ke seluruh kamar blok hunian oleh petugas Lapas.

"Razia insidentil blok hunian hari ini, sebagai bentuk pencegahan gangguan kamtib di lingkungan Lapas Siborongborong agar terciptanya Lapas yang aman dan kondusif," katanya didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP) Siborongborong, Yusrifa Arif.

Memperingati HBP ke-60, Lapas Narkotika Pematangsiantar Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam Pahlawan

Selain menggeledah seluruh blok hunian, razia dadakan juga dilakukan dengan tes urine secara acak kepada 20 warga binaan penghuni blok dan 10 orang petugas dengan hasil negatif. Tes urine bagi warga binaan dilakukan dengan langkah-langkah seluruh penghuni di dalam kamar masing-masing, tetap berada di dalam blok hunian.

Petugas kemudian mengecek ke blok hunian yang dituju, guna memastikan situasi dalam keadaan aman dan tertib. Barang-barang terlarang warga binaan kemudian diamankan untuk kemudian dimusnahkan.

Halaman Selanjutnya
img_title