Membangun Model Seleksi Berkualitas, PTN Wilayah Barat Luncurkan Seleksi Mandiri yang Profesional

Peluncuran Seleksi Mandiri Masuk PTN Wilayah Barat.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Panitia Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN Barat) meluncurkan secara resmi program SMM PTN Barat 2023 pada Jumat, 5 Mei 2023 di Hotel Atlet Century, Jakarta.

Cetak Mahasiswa Kreatif dan Terampil Berkomunikasi Melalui Pilmapres Unimed 2024

Sebanyak 25 PTN, baik di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) atau Kementerian Agama (Kemenag) bergabung dalam pelaksanaan seleksi jalur mandiri PTN Wilayah Barat ini.

Kegiatan peluncuran SMM PTN Barat 2023 dihadiri Dirjen Dikti, Prof. Nizam, sekaligus memberikan arahan tentang pelaksanaan seleksi tahun ini. Arahan sekaligus memberikan dukungan proses SMM PTN-Barat ini memiliki kualitas yang setara dengan model seleksi calon mahasiswa baru pada 2023, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Lihat Kesiapan Pembukaan Fakultas Kedokteran, Kemenkes Visitasi ke Unimed

Ketua BKS SMM PTN Barat yang juga Rektor USU Prof Muryanto Amin mengatakan tujuan pembentukan seleksi mandiri bersama ini adalah membangun model seleksi yang berkualitas.

"Sehingga akan terbentuk sistem dan mekanisme seleksi yang profesional, terjamin, terukur, dan efesien," ucap Prof. Muryanto dalam keterangan tertulis diterima VIVA, Sabtu 6 Mei 2023.

Unimed Terima 2.621 Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

Pelaksanaan SMM PTN Barat sendiri telah berlangsung sejak 2017. Tahun ini seleksi mandiri ini tergabung 25 PTN, sama seperti pada tahun sebelumnya. Ke-25 PTN itu tersebar di Pulau Jawa Bagian Barat, Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan Bagian Barat.

Pada tahun lalu total pendaftar di lokasi ujian mencapai 39.656 calon mahasiswa, di tahun ini panitia menargetkan akan ada peningkatan 30–50 persen dibandingkan pada tahun 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title