Tewasnya Wanita di Lift, Ombudsman Ungkap Pelayanan di Bandara Kualanamu Kurang Baik

Tim Labfor olah TKP wanita jatuh dari lift Bandara Kualanamu.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA - Ombudsman RI Perwakilan Sumut terus mendalami indikasi penyelenggaraan pelayanan publik kurang baik di Kualanamu Internasional Airport (KNIA), Kabupaten Deliserdang Sumatera Utara (Sumut). Sehingga wanita bernama Asiah Sinta Dewi Hasibuan jatuh dari lift Bandara tersebut.

Disbudparekraf Sumut akan Gelar Pameran Budaya dan Wisata di Bandara Soekarno-Hatta

"Kita punya catatan, (seharusnya) ada jaminan keselamatan dan kenyamanan. Tapi, pelayanan publik Kualanamu kurang baik. Aspek pelayanan dan penyelenggaraan pelayanan publik di Bandara Kualanamu kurang baik," ucap Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar saat dikonfirmasi VIVA, Rabu 3 Mei 2023.

Abyadi menilai apa lagi, Bandara Kualanamu berstandar Internasional dan bekerja sama perusahaan asing. Sehingga pelayanan publik di bandara tersebut, harus menjadi catatan perbaikan kedepannya.

Pj Gubsu Ingatkan Pj Bupati Deliserdang dan Taput Jaga Netralitas Jelang Pilkada 2024

"Konstruksi lift kurang pas, dan kurang memberikan keamanan dan keselamatan," kata Abyadi.

Pada umumnya, Abyadi mengungkapkan lift pintunya hanya satu. Tapi, ini ada dua pintu di Bandara Kualanamu. Sehingga dapat membuat pengguna lift jadi bingung saat masuk dan keluar lift.

Pj Bupati Deliserdang dan Taput Resmi Dilantik, Pj Gubernur Sumut : Silakan Kritik Kami

"Kita naik pintu A, keluarnya di pintu B. begitu dilakukan korban. Pintu yang jatuh korban, bukan pintu keluar. Karena itu, dinding pintu kaca. Terbuka pintu lift dan ada ruang kosong, sekitar 50 cm. Seharusnya, tidak ada ruang kosong, kalau tidak ada ruang kosong, tidak terjatuh," ucap Abyadi.

Berdasarkan kronologi kejadian, pada Senin malam, 24 April 2023, sekitar pukul 19.30 WIB. Asiah mengantar keponakan bersama ibu keponakan itu, ke Bandara Kualanamu. Karena, keponakan korban, akan terbang ke Malaysia. Usai menemani keponakannya, check in di lantai dua Bandara Kualanamu.

Halaman Selanjutnya
img_title