Bangun Dunia Usaha Bersama, Kadin Dorong 'Perkawinan' Perusahaan Besar dan UMKM

Ketua Umum Kadin Indonesia Provinsi Sumut, Firsal Serial Mutyara.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Mendorong Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, untuk dapat mengkolaborasikan antara perusahaan besar dan UMKM. Sehingga memberikan dampak kepada pertumbuhan ekonomi kedua belah pihak tersebut.

Siswa SMKN 1 Nias Selatan Tewas Diduga Dianiaya Kepala Sekolah, Ini Kata Disdik Sumut

Hal itu, disampaikan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Firsal Ferial Mutyara kepada wartawan, Jumat 31 Maret 2023. Dengan itu, ia mengatakan antara perusahaan besar dan UMKM membangun dunia usaha bersama.

Firsal mencontohkan UMKM di Perdagangan menjual dodol, tutup karena beroperasi jalan tol. jika ada perusahaan yang mau berkolaborasi pasti UMKM akan tertolong. Menurutnya, UMKM jika tidak 'dikawinkan' dengan perusahan besar sepertinya tidak berjalan.

Arus Balik Lebaran 2024, Ruas JTTS Sumut Terus Alami Peningkatan Volume Kendaraan

Jadinya, perusahaan besar harus mendorong. Untuk sektor UMKM, katanya, merupakan penopang utama ketahanan ekonomi saat ini. Oleh karenanya, ia meminta UMKM ini dapat menjadi perhatian penuh oleh pemerintah.

"Susah berjalan antara industri dan UMKM karena ego masing-masing. Kadin sebenarnya bisa memberi masukan tetapi yang melakukan ya harus pemerintah. Sama-sama harus bersinerji antara pemerintah, UMKM dan industri," kata Firsal.

Libur Lebaran, Trafik Kendaraan di Tol Indrapura - Lima Puluh dan Binjai - Stabat Meningkat 100 %

Firsal menjelaskan program lainya yakni mendorong industri unggulan berbasis komoditas. Sebab, dasar perekonomian Sumatera Utara memang dari komoditas seperti sawit, karet, kopi.

"Tahun ini, memang dunia usaha jauh lebih baik dibandingkan 2022 dan bidang yang masih bergerak tetap komoditas unggulan. Kita tetap memperhatikan proses dari hulu hingga ke hilir sehingga komoditas Sumut bisa lebih baik lagi," kata Firsal.

Halaman Selanjutnya
img_title