Jika PK Sriwijaya FC Dikabulkan, Manajemen PSMS Sebut Putusan Komdis PSSI Tidak Memiliki Wibawa

Striker PSMS, Nico Malau (tengah) selebrasi usai cetak gol ke gawang Sriwijaya.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Pasca pengurangan tiga poin atas putusan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Sriwijaya FC, mengajukan banding dan gagal, manajemen Sriwijaya melayangkan surat peninjauan kembali (PK), atas putusan tersebut.

Erick Thohir Minta KLB Asprov PSSI Sumut Usai PON, Indra Sjafri hingga Eks Pelatih PSMS Ada di Tim

Untuk diketahui, Komdis PSSI menjatuhkan hukuman tersebut, karena Sriwijaya FC tak menyertakan satu pemain U-21 pada starting line-up menghadapi Semen Padang FC, Minggu 1 Oktober 2023, lalu. Atas putusan tingkat pertama, manejemen Sriwijaya FC mengajukan banding namun ditolak.

Akibatnya tidak hanya pengurangan tiga poin, banding yang ditolak membuat Komite Banding (Komding) PSSI juga menarik satu poin yang didapatkan pada laga yang berakhir imbang 0-0 kontra Semen Padang. Hal itulah yang akhirnya membuat Sriwijaya FC melayangkan PK.

IFA Diresmikan, Ijeck : Dilatih Orang Profesional dan Ciptakan Bibit Sepakbola Berprestasi

Chief Operating Officer (COO) PT Kinantan Medan Indonesia (KMI), H Andry Mahyar Matondang.

Photo :
  • Dok PSMS

Menyikapi hal itu, Chief Operating Officer (COO) PT Kinantan Medan Indonesia (KMI), H Andry Mahyar Matondang, menjelaskan bahwa kalau putusan itu, dikabulkan akan menimbulkan kontroversial dan membuat citra buruk dunia sepakbola di tanah air ini.

Imbang 3-3 Kontra Persikab, PSDS Tim Kedua Asal Sumut Degradasi ke Liga 3

"Bukan kontroversum (kontroversi) antara PSMS dan Sriwijaya, tetapi tidak ada regulasi yang mengisyaratkan terjadinya PK. Sehingga pengembalian poin itu sama sekali tak memiliki dasar. Artinya tatkala itu terjadi, putusan Komdis itu tidak memiliki wibawa nantinya," kata Andry Mahyar, kepada wartawan, Rabu 6 Desember 2023.

Andry berharap, semua pihak dapat mematuhi keputusan Komdis dan Komdis PSSI tesebut. Apa lagi, menurutnya tidak ada PK untuk keputusan-keputusan Komdis PSSI.

Halaman Selanjutnya
img_title