Andalkan Mahasiswa dan Prajurit TNI, Gulat Sumut Target 1 Emas PON 2024 dari 21 Nomor

Atlet gulat Pelatda PON Sumut.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Ambisi besar diapungkan gulat Sumatera Utara (Sumut) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut dengan meraih 9 medali. Saat ini, Pengurus Provinsi Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (Pengprov PGSI) Sumut mempersiapkan 21 atlet menghadapi PON 2024.

22.974 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2024 Dilaksanakan di Unimed

"Untuk atlet pelatda ada 21 orang. Empat atlet lagi belum bergabung, karena masih menunggu hasil tes fisik dari KONI Sumatera Utara. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera bergabung," kata Ketua Pengprov PGSI Sumut melalui Binpres PGSI Sumut, Daslan Gultom, di Posko Publikasi PON XXI/2024 Aula Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar, Jumat 23 Juni 2023.

Daslan yang didampingi salah satu pelatih gulat, Jan Bobby Barus, M.Pd, mengatakan, pada PON 2024 cabang olahraga gulat akan mempertandingkan 21 nomor kelas pertandingan. Artinya, akan ada 21 medali emas yang diperebutkan. Tapi mereka memasang target medali 1 emas, 3 perak dan 5 perunggu.

Sebanyak 37.169 Peserta Ikuti UTBK-SNBT 2024 Digelar di USU

"Target ini mengingat hasil Kejurnas yang baru diikuti, Sumut meraih 3 perak dan 10 perunggu. Ini adalah target yang paling realistis, meskipun sangat mungkin sebagai tuan rumah, dengan dukungan masyarakat Sumut, kita mampu meraih lebih dari itu," ujar Gultom dalam konferensi pers yang juga dihadiri Pengawas Pendamping dari KONI Sumut, Josua Sinurat.

Untuk menuju PON 2024 pihaknya sudah melakukan beberapa hal, yakni pelatihan jangka panjang yang dimulai sejak Januari 2023. Kemudian melakukan pemusatan tempat tinggal atlet, melakukan try in berupa kejuaraan daerah dan try out ke luar negeri.

PSAWI Sumut Target 3 Emas PON 2024, Sempat Kesulitan Cari Atlet hingga Disangka Penculik

"Untuk luar negeri ini, rencananya kita ikut program KONI Sumut yang akan ke Guangzhou, China. Tapi ini masih menunggu keputusan KONI. Kalau boleh memang, gulat ini juga latihannya ke Korea Selatan," tukas Bobby Barus.

Halaman Selanjutnya
img_title