Atlet Latihan di Jakarta karena Tak Ada Lintasan, Boling Sumut Target 5 Emas PON 2024

Sekum Pengda PBI Sumut, Herman (kiri).
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Persiapan atlet boling untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 berbeda dengan cabor lain, karena tidak adanya lintasan. Sedangkan target yang diusung di PON 2024, boling Sumut diharapkan merengkuh 5 medali emas.

Pemprov Sumut Terus Tingkatan Digitalisasi Birokrasi dan Pelayanan Publik

Persiapan tersebut, Pengurus Daerah Persatuan Boling Indonesia (Pengda PBI) Sumut mengirimkan para atlet berlatih di Jakarta. Hal ini terpaksa dilakukan, karena tidak adanya lintasan boling di Sumut. Sedangkan proses pembangunan Gedung Boling Sumut di kawasan Sport Center masih berjalan.

"Olahraga boling di Sumut sudah tidak punya lintasan standar nasional untuk latihan atlet sejak tahun 2016 atau setelah Perisai Super Bowl tutup. Agar atlet tetap maksimal berlatih, mereka latihan di Jakarta dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit," ujar Sekum Pengda PBI Sumut, Herman, di Posko Publikasi PON 2024 Aceh-Sumut di Kantor Disporasu, Kamis 8 Juni 2023.

Pemprov Sumut Luncurkan Bus Perizinan, Berusaha Semakin Mudah dan PAD Meningkat

Herman bersyukur KONI Sumut selama ini terus mendukung penuh program latihan atlet boling Sumut di Pulau Jawa.

"Kalau tidak ada dukungan KONI Sumut, mungkin olahraga boling di Sumut sudah tidak ada. Karena memang biaya pembinaan atlet boling ini sangat mahal, khususnya untuk biaya latihan," ucap Herman.

Temu Kangen KAGAMA Jadi Momentum Peningkatan Pendidikan Melalui UGM Online

Lebih lanjut Herman mengatakan, pada PON 2024 nanti, cabor boling yang akan berlangsung di Sumut mempertandingkan 11 nomor. Dari 11 nomor itu, Sumut menargetkan 5 medali emas dari nomor single putra dan putri, double putra dan putri serta mixed double.

"Walau terkendala fasilitas lintasan untuk berlatih atlet, PBI Sumut tidak mau kendur soal target. Sejak awal kita optimis bisa memberikan hasil membanggakan buat Sumut di PON 2024. Salah satu caranya dengan mendukung latihan atlet andalan kita di Jakarta walau dengan biaya yang tidak sedikit. Tapi karena ada dukungan dari KONI Sumut program latihan atlet di Jakarta berjalan lancar," jelas Herman.

Halaman Selanjutnya
img_title