Dampak Ekonomi F1H2O Danau Toba, Menko Luhut : Putaran Uang Diperkirakan Rp 300 Miliar

Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Penyelenggaraan F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba 2023, di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, 24 hingga 26 Februari 2023. Memberikan dampak ekonomi yang sangat signifikan. Diperkirakan selama pelaksanaan, putaran uang mencapai Rp 300 miliar.

Hanya 1 Jam, RSU Royal Prima Berhasil Operasi Parkinson Pertama di Sumut

Hal itu, disampaikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Invstasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, dalam sesi jumpa pers, di venue F1 PowerBoat di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat 24 Februari 2023.

"Putaran uang diperkiraan mencapai Rp 300 miliar. Semua kita harus kompak. Sekali terima kasih," ucap Luhut.

Bandara Kualanamu Segera Hadirkan Resto Favorit Bagi Masyarakat

Selain memberikan kontribusi ekonomi, Luhut mengungkapkan ajang balapan perahu motor ini. Juga menjadi fasilitas untuk memperkenalkan Danau Toba ke mata dunia dan membangkitkan pariwisata di Indonesia, pasca pandemi Covid-19.

“Dari laporan yang saya dapat, kita akan ditonton lebih dari 18 juta orang. Tidak pernah terbayangkan Danau Toba akan dilihat live oleh 18 juta penonton,” jelas Luhut.

Siap Maju Pilkada Toba, Sereida Tambunan Usung Toba Na Ture, Jaa Na Sere

Adapun rangkaian F1H2O kegiatan dimulai 24 Februari 2023 di antaranya latihan bebas, 25 Februari 2023, babak kualifikasi. Sementara pada 26 Februari merupakan hari balapan utama ditambah dengan kegiatan hiburan, atraksi air dan lainnya.

Sukses penyelenggaraan balapan perahu motor tersebut, Luhut mengatakan tidak lepas dari kontribusi besar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba. Dengan itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Bupati Toba, Poltak Sitorus.

Halaman Selanjutnya
img_title