Bertemu 20 Ribu Penyuluh dan Petani se-Sumut, Mentan Serahkan Bantuan Pertanian Rp 534 Miliar

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman bertemu dengan 20.000 petani dan penyuluh pertanian se-Sumut, disertai dengan menyerahkan bantuan pertanian senilai kurang lebih Rp534 miliar. Acara tersebut berlangsung di Lapangan Benteng, Kota Medan, Senin 5 Febuari 2024.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Bantuan tersebut terdiri dari bantuan benih padi dan jagung, penumbuhan UMKM holtikultura, irigasi pertanian, jalan pertanian hingga peremajaan tanaman kelapa dan karet. Juga untuk perluasan kopi arabika dan bantuan pertanian lainnya. Mentan RI, Andi Amran Sulaiman mengatakan, pertanian merupakan sektor strategis di Sumut. Untuk itu, diperlukan berbagai upaya agar produktivitas bisa terus dimaksimalkan.

“Ini potensinya luar biasa, sangat strategis, oleh karena itu kita akan melakukan akselerasi tanam, kita berikan bantuan, benih gratis, bibit gratis, alat mesin pertanian gratis, kemudian ada tambahan volume pupuk,” ungkap Mentan.

Apresiasi Pergerakan DPW Sumut, Ketum GARPU Pietra M. Paloh Dorong Kader Maju Pilkada Serentak

Mentan juga menyebut, Sumut merupakan provinsi yang strategis. Sumut berada di posisi strategis, yakni berada dekat dengan Singapura dan Malaysia.

“Sumatera Utara ini strategis, karena dekat dengan Singapura dan Malaysia, bila perlu kita gantikan posisi Thailand atau Vietnam, dan negara lain, untuk menyuplai pangan ke Singapura dan Malaysia,” ujar Mentan.

Pj Gubsu Ingatkan Pj Bupati Deliserdang dan Taput Jaga Netralitas Jelang Pilkada 2024

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin menyambut baik, dengan bantuan tersebut. Karena, dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Sumut ini.

“Kita apresiasi bantuan yang diberikan Kementerian Pertanian. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut berkomitmen akan terus berupaya tingkatkan produktivitas komoditas pangan,” ucap Hassanudin.

Halaman Selanjutnya
img_title